Kebayoran > Teknologi

Google Tampilkan Virginia Woolf Sebagai Doodle

Kamis, 25 Januari 2018 13:03 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Google Tampilkan Virginia Woolf sebagai Doodle
Google Tampilkan Virginia Woolf sebagai Doodle
Foto : istimewa

Share this








Rayakan hari lahirnya yang ke-136 tahun, Google menampilkan doodle Virginia Woolf seorang novelis Inggris yang merupakan salah satu tokoh terbesar sastra

KEBAYORAN - Dalam rangka merayakan hari lahirnya yang ke-136 tahun, situs mesin pencarian terbesar dunia, Google, menampilkan doodle Virginia Woolf di laman utamanya pada Kamis, 25 Januari 2018.

Dikutip dari Google, Virginia Woof adalah seorang novelis Inggris yang dianggap salah satu tokoh terbesar sastra modernis dari abad 20. Woolf lahir di Kensington, Middlesex, Inggris dan dibesarkan di lingkungan rumah dengan perpustakaan besar yang kerap dikunjungi para intelektual.

Tidak mengherankan, jika di kemudian hari ia menjadi anggota integral Bloomsbury Group, kelompok intelektual dan seniman kontemporer terkemuka di London, Inggris. Namanya mencuat karena novelnya yang berjudul Mrs. Dalloway (1925) dan To The Lighthouse (1927). Selain novel, ia membuat karya nonfiksi seperti A Room of One's Own (1929).

Karya ini menampilkan perspektif pemikiran feminis Woolf pada abad ke-20. Akan tetapi, Woolf menyangkal jika dirinya sebagai seorang feminis. Woolf memilih disebut seorang humanis.

Berbanding terbalik dengan kesuksesan yang diraihnya, kehidupan pribadi Woolf suram. Selama Perang Dunia II berkecamuk di Eropa, Woolf mengalami depresi berat dan ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan tragis.

Pada 28 Maret 1941, Woolf bunuh diri dengan cara menceburkan dirinya ke Sungai Ouse di North Yorkshire, Inggris. Ia tenggelam akibat mantel yang dikenakannya diisikan batu sebagai pemberat.

Meski telah tiada, namun karya-karya Woolf bergaung selama gerakan feminisme era 1970an, sekaligus menjadi salah satu penulis paling berpengaruh di abad ke-21.