Kebayoran > Properti

Tips Menjaga Rumah Saat Mudik Lebaran

Senin, 11 Juni 2018 10:30 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Ilustrasi
Ilustrasi.
Foto : istimewa

Share this








Rumah yang ditinggalkan pemudik sering menjadi sasaran empuk para pencuri rumah kosong. Agar rumah tetap aman, ikuti tips ini.

KEBAYORAN - Libur lebaran telah tiba. Sebagian masyarakat kini tengah mempersiapkan diri untuk mudik lebaran. Akan tetapi, saat momen seperti ini juga jangan membuat lemah dari keamanan.

Selain keamanan diri dan keluarga, tempat tinggal juga perlu diberi keamanan dari bahaya kejahatan atau kebakaran. Pasalnya, rumah akan ditinggal dalam waktu yang lama. Mengutip dari Vemale.com, berikut ini beberapa tipsnya.

Kunci Pintu dan Jendela
Pastikan untuk mengunci pintu dan jendela dengan baik. Cek kembali pintu dan jendela rumah, pastikan bahwa semuanya sudah terkunci rapat. Tak hanya sekedar dikunci, bila perlu juga bisa menambahkan gembok di pintu serta jendela.

Cabut Aliran Gas dan Listrik
Untuk menghindari kebakaran selama mudik, cabut aliran gas dan listrik di rumah. Cabut aliran listrik pada alat elektronik seperti TV, lemari es, AC, dispenser, radio dan sejenisnya. Mencabut aliran listrik ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya konseleting dan kebakaran.

Nyalakan Lampu Teras dan Lampu yang Diperlukan
Selama mudik, nyalakan lampu teras dan lampu di ruangan yang memang diperlukan. Tidak perlu menyalakan semua lampu. Untuk lampu teras penting dinyalakan agar kondisi rumah tetap aman dan bisa dipantau tetangga yang dipercaya agar tetap aman.

Kosongkan Bak Air
Kosong bak air atau tempat-tempat penampungan air selama mudik. Kalau tidak ingin mengosongkannya, bisa menutup rapat tempat penampungan air. Ini dilakukan agar tempat penampungan air tidak menjadi tempat bertelur nyamuk.

Bersihkan dan Rapikan Rumah
Sebelum ditinggal mudik, pastikan untuk membersihkan dan merapikan rumah. Jangan sampai rumah dalam kondisi kotor saat ditinggal. Rumah yang kotor akan menyebabkan banyaknya kecoa dan tikus berkeliaran di rumah.

Simpan Barang Berharga di Tempat Aman
Simpan barang-barang berharga seperti uang dan emas di tempat yang aman. Bila perlu, bawa barang berharga ini jika jumlahnya tidak terlalu banyak. Kalau pun disimpan di rumah, simpan di tempat di mana orang lain tak akan tahu barang-barang berharga. Simpan juga surat-surat berharga di tempat paling aman.

Titipkan Rumah pada Tetangga atau Orang yang Dipercaya
Jangan sungkan untuk menitipkan keamanan rumah kepada tetangga atau orang yang dipercaya. Bisa juga menitipkan rumah kepada satpam di komplek perumahan.