Sabtu, 13 Januari 2018 14:54:00
Editor : Ari Astriawan | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Makanan Ini Sehat, Tapi Bisa Bikin Gemuk Lho...
Makanan sehat juga bisa bikin gemuk kalau dikonsumsi berlebihan.
Foto : istimewa
 

KEBAYORAN - Beralih ke makanan sehat merupakan salah satu langkah awal untuk menurunkan berat badan. Walaupun dinilai menyehatkan, konon masih banyak kandungan kalori dan lemak di dalamnya.

Itulah sebabnya, mengatur porsi makan amatlah penting. Meskipun sehat, ada baiknya makanan berikut ini tidak dikonsumsi secara berlebih. Dikutip dari Women's Weekly, berikut makanan diet yang bisa bikin gemuk:

1. Dressing salad

Menunjuk salad sebagai menu favorit nyatanya belum tentu tepat. Memang di dalamnya terdapat sayuran yang kaya serat serta vitamin dan mineral. Tapi masalahnya ada pada dressing salad tersebut. Dressing yang lezat mengandung kalori yang tidak sedikit, apalagi jika berbahan baku mayones yang dijual dalam kemasan. Jadi jika ingin menggunakan dressing, buatlah dressing salad sendiri dengan bahan yang rendah kalori.

2. Sup

Meskipun sup bisa menjadi pilihan makanan penurun berat badan tapi tidak semua sup masuk ke dalam kategori makanan diet. Bahkan, banyak sup memberikan cukup banyak lemak dan kalori. Selain itu, tak sedikit sup yang mengandung garam berlebihan yang bisa membuat tubuh cepat gemuk. Untuk menjaga berat badan, cobalah dengan membuatnya sendiri yang berbahan dasar sayur dan tidak mengandung krim atau garam berlebih.

3. Yogurt

Yogurt umumnya menjadi salah satu menu wajib dalam diet. Makanan ini tinggi kalsium, protein dan mengandung sedikit kalori. Tapi, yogurt diam-diam mengandung banyak gula tambahan. Pastikan Anda memilh yogurt tawar atau plain dan menggunakan buah segar sebagai pemanisnya.

4. Granola

Walaupun diet, tentu Anda selalu ingin ngemil. Biasanya salah satu camilan yang dipilih ketika diet adalah granola. Namun, Anda harus tahu bahwa granola pun memiliki kalori yang cukup besar. Untuk menjaga lingkar pinggang Anda, cobalah makan granola dalam porsi lebih sedikit atau ganti dengan sereal rendah lemak dan bebas gula.

5. Smoothies

Siapa sih yang tak suka smoothies? Buah dan sayur yang diblender memang terasa lebih nikmat. Terlebih jika ditambah dengan yogurt atau cokelat. Tapi tunggu dulu, justru tambahannya ini mengancam diet Anda. Jadi, pastikan smoothies Anda hanya mengandung buah-buahan, sayur, es serta susu atau yogurt bebas gula. Tapi, buah segar jauh lebih baik

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda