Kebayoran > Profil

Kerja Keras, Tekun, dan Berani Menghadapi Realita

Selasa, 10 April 2018 15:40 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Prof. Firmanzah, Ph.D
Rektor Universitas Paramadina Prof. Firmanzah, Ph.D.
Foto : istimewa

Share this








Kesuksesan yang diperoleh Prof. Firmanzah, Ph.D merupakan buah dari ketekunan, keseriusan, keberaniannya menghadapi realita.

KEBAYORAN - Menjadi seorang akademisi bukan mimpi utama dari Prof. Firmanzah, Ph.D. Awalnya, ia berkeinginan untuk terjun di dunia profesional. Meski demikian, jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 1998 ini tak ragu untuk lebih mendalami bidangnya.

Sebagai seorang intelektual muda, Firmanzah aktif dalam kegiatan seminar atau forum internasional, publikasi dalam jurnal ilmiah, tulisan populer dan buku. Tak hanya itu, berbagai jabatan penting juga pernah dipercayakan ke Firmanzah.

Di antaranya Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Dekan Fakuktas Ekonomi dan Bisnis UI, Sekretaris Departemen Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Kini, peraih gelar doktor dari University of Pau et Pays de l’Adour, Prancis, menjabat Rektor Universitas Paramadina. "Ya, harus menekuni, serius, tuntas, jangan tanggung-tanggung," ujarnya kepada Infonitas.com.

Apa yang telah diraih oleh Firmanzah saat ini juga tak lepas dari dukungan orangtua. Orangtua, khususnya sang ibu sudah menanamkan komitmen kepada dirinya sejak kecil untuk kerja keras, tekun, dan berani menghadapi realita.

Tak hanya sebagai rektor, pria berkacamata ini juga aktif mengajar. Cara pengajarannya lebih ke arah diskusi. Firmanzah menilai pendidikan itu harus menyenangkan, bangun kreativitas dan inovasi. Bukan dikte dan tidak terlalu menghafal.

Berbekal latar belakang pendidikan yang ditempuh serta pengalaman yang didapat, membuat sosok Firmanzah mendapat banyak tawaran untuk terjun ke dunia politik. Akan tetapi, dirinya masih enggan untuk melakukan hal itu. "Sekarang sedang mau belajar piano, biar tidak selalu serius," ucapnya.