Kebayoran > Profil

Kekaguman Happy Salma pada Sosok Pramoedya Ananta Toer

Kamis, 26 April 2018 11:11 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin

Happy Salma
Happy Salma.
Foto : istimewa

Share this








Karya-karya Pramoedya Ananta Toer telah memberikan pengaruh besar dalam cara saya memandang dan menjalani hidup.

THAMRIN - Sebagai seorang aktris, Happy Salma menuangkan banyak aspirasi seni pertunjukkan melalui Titimangsa Foundation yang didirikannya pada 2007 silam. Belasan pementasan telah ditampilkan, salah satunya “Bunga Penutup Abad” yang diadaptasi dari karya Pramoedya Ananta Toer, dua tahun silam.

Ditemui saat pameran “Namaku Pram: Catatan dan Arsip” Happy mengungkapkan kekagumannya pada sosok sastrawan besar Indonesia ini.

“Saya mempunyai nazar, bahwa apabila pementasan ini (Bunga Penutup Abad) menuai kesuksesan, saya ingin sekali membuat sebuah pameran yang berfokus pada Pram (Pramoedya Ananta Toer),” ucapnya di di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (17/4/2018) lalu.

Diakuinya, karya Pramoedya Ananta Toer memberi pengaruh besar dalam cara pandang dan menjalani hidup. “Pameran ini merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih saya untuk Pram yang secara tidak langsung menjadi guru hidup saya,” tutur Happy.

Dia berharap, semakin banyak lagi orang yang tahu tentang Pramoedya Ananta Toer dan membaca karya-karyanya. Pasalnya, banyak karya sastra mampu menggerakkan hati banyak orang dan membangun karakter seseorang dan pada akhirnya karakter bangsa adalah benar.

“Titimangsa Foundation berupaya untuk selalu konsisten dalam mengapresiasi karya sastra Indonesia,” pungkas Happy.