Kebayoran > Profil

Angkie Yudistia Tingkatkan Derajat Penyandang Disabilitas

Rabu, 26 Juli 2017 12:52 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Angkie Yudistia
Angkie Yudistia
Foto : Azhari Setiawan

Share this








Angkie Yudistia berupaya meningkatkan derajat penyandang disablititas agar mereka bisa mendapatkan hak yang sama.

KEBAYORAN - Ceria, cantik dan energik. Itulah kesan dari Angkie Yudistia. Namun siapa sangka, dibalik itu wanita kelahiran Medan, 30 tahun silam ini merupakan penyandang disabilitas. Sejak usai 16 tahun, Angkie sapaan akrabnya, sudah menggunakan alat bantu dengar. Meski dahulu sempat mendapat ejekan, ia bukanlah tipe orang yang mudah trauma. Dia selalu fokus terhadap pengembangan diri.

Memang, seringkali keterbatasan jadi halangan untuk mewujudkan mimpi. Namun, hal itu tidak berlaku bagi dia. Angkie terus belajar dan mengasah diri mengoptimalkan kemampuannya. Tak hanya itu, ia menyadari pendidikan merupakan aspek penting untuk dihargai oleh orang di sekitarnya. “Dengan pendidikan kita dapat berkarier dan dihargai, meskipun ada keterbatasan yang dimiliki,” ujar lulusan S2 London School Public Relationship ini saat ditemui di restoran Thanks God Is (TGI) Friday’s, Gandaria City beberapa waktu lalu.

Sekitar 2009-2010, ibu satu anak ini sempat merasa kesepian. Itu disebabkan karena tak sedikit orang yang kurang beruntung dengan keterbatasan yang dimiliki. Sejak itu, pengagum Hallen Keller ini pun mulai aktif dalam kegiatan sosial termasuk bergabung dalam komunitas penyandang disabilitas. Hasil pengalaman itu, bungsu dari dua bersaudara ini mendirikan ThisAble Enterprise untuk mengubah pandangan negatif penyandang disabilitas.

ThisAble Enterprise ini menjadi media bagi para disabilitas berinteraksi dengan masyarakat umum. Salah satunya membantu mencari perusahaan yang bisa menerima disabilitas untuk bekerja. Berbagai perusahaan sudah mulai menjadi partner dan salah satunya adalah penyedia jasa ojek online.