Kebayoran > Pendidikan

UNBK SMP Akan Terapkan Metode HOTS

Jumat, 20 April 2018 15:30 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin

Ilustrasi UNBK
Ilustrasi UNBK
Foto : istimewa

Share this








Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud) akan menerapkan metode higher order thinking skills (HOTS) untuk UNBK jenjang SMP minggu depan.

KEBAYORAN – Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkap SMP yang diselenggarakan pekan depan akan menerapkan metode higher order thinking skills (HOTS) atau kemampuan penalaran tingkat tinggi. Hal itu terungkap dalam akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud).

Dalam akun resmi @kemdikbud.ri dijelaskan penerapan HOTS akan berbeda dengan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA minggu lalu.

Berbagai tanggapan pun bermunculan di akun tersebut. Salah satunya adalah akun @safnaakhn yang menanyakan maksud dan tujuan soal HOTS.

“Maksud dan tujuan pake soal HOTS apa sih? Biar mutu pendidikan Indonesia makin tinggi? Tapi kalo kita belom siap menghadapinya gimana bisa mutu pendidikan Indonesia jadi bagus?”

Pertanyaan itu dijawab admin @kemdikbud.ri dengan menjelaskan soal HOTS untuk melatih kemampuan berpikir generasi bangsa dengan penalaran.

Akun @sanasya meminta agar soal HOT tidak melenceng seperti UN SMA. “Jangan sampai melenceng seperti kakak SMA, ya pak. Kasian kita sudah belajar menurut kisi-kisi kalaupun nanti tidak sesuai,” tulisnya.

Ada lagi akun milik @fadhilahnurazmi yang menulis, “pak yg hots nya jangan banyak banyak ya pak.” Permintaan itu dijawab admin @kemdikbud.ri, “cuma 10 persen dari total soal ya.”