Kebayoran > Otomotif

Yamaha MT-10 2016, Mesin Galak Bertenaga Besar

Kamis, 17 Maret 2016 14:02 WIB
Editor : Admin | Reporter :

Yamaha MT-10 2016
Foto : istimewa

Share this








Otomotif - Kejutan kembali dihadirkan produsen otomotif Yamaha. Baru-baru ini, Yamaha merilis versi naked Yamaha YZF R1 yang diberi nama Yamaha MT-10. Dengan tagline ‘Ray of Darkness’, MT-10 cukup berhasil menampilkan kesan angker, sangar dan gagah. Meski spesifikasinya tak beda jauh dengan Yamaha R1, MT-10 diklaim sebagai generasi MT yang paling powerfull yang pernah dibuat Yamaha.

Dapur pacu bermesin 4 silinder 998cc liquid-cooled in-line milik Yamaha YZF-R1menjamin mesinnya juga ‘galak’. Mesin itu juga dilengkapi sistem sistem intake baru, knalpot dan sistem bahan bakar efisien. Tipe mesin crossplane CP4 ini memberikan torsi linear dengan respon instan dan kontrol yang tepat.

Untuk kontrol pengendaranya, Yamaha MT-10 2016 sudah dilengkapi throttle yamaha chip controlled (YCC-T) dan sistem cruise control. Keduanya akan mempermudah pengendara menyesuaikan kestabilan motor di atas kecepatan 50 kpj (kilometer per jam). Yamaha juga membenamkan teknologi switchable traction control system (TCS) dengan tiga tingkat pengaturan berbeda. Guna memberikan kontrol yang tepat saat akselerasi dan deselerasi,maka disematkanlah kompak assist dan slipper (A & S) kopling.

Frame atau chasis Yamaha MT-10 2016 ini dibuat solid dan ringan. Untuk tetap mampu bergerak lincah, motor ini dibekali pengaturan geometri fine-tuned dan wheelbase ultra-pendek, hanya  1400 mm saja. Frame atau deltabox dibuat dengan aluminium ringan dan ekstra panjang untuk bagian swingarm-nya. Dengan begitu, MT-10 tetap memiliki keseimbangan dan kekuatan yang optimal saat dikendarai.

Di bagian pengereman, naked bike ini dikali double disc brake 320mm di bagian depan dan cakram 220mm di bagian belakang. Untuk mengoptimalkan fungsi pengereman, Yamaha MT-10 2016 ini menggunakan fitur ABS sebagai standarnya. Agar kecepatan motor bisa diketahui, Yamaha memasang digital speedometer dengan bar-type tachometer, clock, bar-type fuel meter, odometer dan indikator posisi gigi.

 

Berita Terkait