Kebayoran > Otomotif

Royal Enfield Continental GT, Ideal Bagi Penggemar Motor Klasik

Kamis, 12 November 2015 16:33 WIB
Editor : Fauzi | Reporter :

Continental GT
Foto : istimewa

Share this








Info Otomotif - Royal Enfield mungkin masih terdengar asing bagi kebayakan orang Indonesia. Pabrikan motor kelas menengah yang sekarang berbasis di India ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Royal Enfield berdiri pada tahun 1893 di Redditch, Inggris, dan telah menjadi saksi Perang Dunia I dan II.

Continental GT adalah motor dengan desain café racer dari Royal Enfield yang legendaris. Motor ini mampu mengaspal sejak 1964 hingga kini. Dikatakan legendaris karena Continental GT menjadi salah satu motor yang paling digemari oleh publik Inggris dan membentuk subkultur rocker di negara tersebut. Pada 2015 ini, Royal Enfield hadir di Indonesia dengan Continental GT sebagai senjata andalan.

Café racer terbaru dari Royal Enfield itu mengusung mesin sebesar 535 cc, satu silinder, dan berpendingin udara. Mesin berbahan alumunium yang disematkan pada Continental GT merupakan mesin berbasis Royal Enfield Bullet yang mulai diproduksi pada abad ke-19. Tenaga puncak sebesar 29,1 hp pada 5.100 rpm dan torsi 44 Nm di 4.000 rpm tercipta oleh mesin dengan gearbox lima percepatan tersebut. Uniknya, mesin tersebut telah menggunakan sistem distribusi bahan bakar secara injeksi. Getaran khas motor tua yang dihasilkan dari mesin terasa hingga setang model clip-on.

Sementara pada kaki - kaki, café racer ini menggunakan velg alloy Excel model jari - jari yang dibungkus oleh ban Pirelli Speed Demon 100/90 di depan, dan 130/70 di belakang. Double hock lansiran Paiolo menjadi penopang stabilitas kaki belakang Continental GT. Untuk pengereman, produk Brembo dipakai sebagai peredam laju kecepatan. Untuk frame baja dengan desain double cradle, Royal Enfield mempercayakan Harris Performance, sebuah toko modifikasi high end di Inggris yang terkenal akan pengembangan chassis dan suspensi. Rumah desain asal Inggris, Xenophya Design, juga ditunjuk untuk meracik bodi Continental GT.

Di pasaran Indonesia, Royal Enfield Continental GT dapat ditebus seharga Rp 225 juta (off the road). Meski terbilang cukup mahal, namun bagi pecinta motor klasik dan ingin terlihat berbeda di jalan, motor ini sangat layak untuk menjadi salah satu koleksi.