Kebayoran > Laporan Utama

Warga Sebut Gedung dan Gorong-Gorong Jadi Faktor Jebolnya Tanggul

Selasa, 12 Desember 2017 19:54 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Wildan Kusuma

tanggul Jatipadang.
Suasana saat petugas pantau daerah sekitar tanggul Jatipadang.
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Menurut warga Jatipadang, adanya pembangunan gedung dan perluasan gorong-gorong menjadi faktor jebolnya tanggul tersebut.

JATIPADANG - Jebolnya tanggul di RT 3 RW 6 Gang Masjid Al Ridwan, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menjadi peristiwa yang harus dikritisi. Dari informasi yang berhasil dihimpun infonitas.com kepada salah satu warga yang rumahnya dekat dengan tanggul jebol tersebut, Ranti Milasari, mengatakan debit air yang besar membuat tanggul jebol karena gorong-gorong di TB Simatupang diperbesar.

"Pertama debit air yang sangat besar. Jadi ada imbas dari banjir yang di TB Simatupang (2016 silam), akhirnya gorong-gorong diperbesar. Tadinya kan gorong-gorong di Simatupang kecil, jadinya air ke sini gak besar juga," ujarnya kepada infonitas.com, Selasa (12/12/17).

Ia menambahkan, fakto lainnya yaitu adanya pembangunan gedung di arah Jalan Pasar Minggu. Hal itu membuat arus air ke pasar Minggu ditutup sehingga sepenuhnya dilimpahkan ke arah Jatipadang.

"Arus air dipecah, yang satu arah pasar minggu yang satu arah ke Jatipadang. Nah yang pasar minggu ditutup karena sudah banyak gedung. Jadinya airnya mengalir ke sini," katanya.

Selain itu, ia menampik adanya pengerukan yang dilakukan Pemerintah di Kali Jatipadang. Menurutnya, pihak Pemerintah baru melakukan pengerukan hanya sebagian wilayahnya saja.

"Pengerukan sudah dilakukan tapi belum sampai kemari, baru RT 11. RT 3 baru setengahnya," ungkapnya.