Kebayoran > Laporan Utama

Tips Mengurangi Minyak pada Wajah dengan Bahan Alami

Jumat, 17 November 2017 11:37 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Tips Mengurangi Minyak pada Wajah dengan Bahan Alami
Mengurangi Minyak pada Wajah dengan Bahan Alami.
Foto : istimewa

Share this








Banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi kadar miyak berlebih pada wajah. Apa saja bahan itu? Ini penjelasannya.

KEBAYORAN - Kulit wajah berminyak merupakan salah satu masalah yang kerap kali dialami oleh setiap orang. Biasanya, mereka yang mengalami masalah minyak di wajah mengatasinya menggunakan astringen. Namun sayang, terlalu sering menggunakan astringen bisa berakibat kulit kering atau kusam karena kandungan alkohol. 

Nah, untuk atasi persoalan tersebut, kita bisa membuat astringen dengan bahan alami. Seperti dikutip dari detikFood, berikut ini beberapa bahan alaminya.

Air mawar
Air mawar bertindak sebagai zat alami yang membantu membersihkan pori-pori kulit dan memperbaiki warna kulit. Oleskan air mawar buatan sendiri setiap hari untuk membersihkan kulit dan menjauhkannya dari berbagai infeksi. Caranya, didihkan secangkir air lalu tambahkan kelopak mawar di dalamnya. Biarkan mendidih hingga warna bunga mawar pudar. Selanjutnya campurkan beberapa tetes minyak esensial lemon dan aduk rata. Oleskan setiap hari sebelum tidur.

Cuka apel
Cuka sari apel mentah dan organik selalu disebut-sebut sebagai zat bermanfaat untuk kulit. Ini membantu mengecilkan pori-pori kulit dan menyerap kelebihan minyak pada kulit. Tambahkan sekitar 25 ml cuka sari apel dalam 100 ml air, aduk rata dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial lemon. Tuangkan campuran ke dalam wadah dan oleskan di wajah serta leher Anda secara teratur.

Chamomile
Chamomile tidak hanya mengecilkan pori-pori kulit tapi juga menghilangkan kotoran dan selanjutnya mengendalikan sekresi minyak sehingga terlihat lebih sehat. Buat astringen chamomile dengan merebus dua cangkir air bersamaan bunga chamomile kering dan mint kering. Biarkan mereka mendingin beberapa menit dan tuangkan dalam wadah kosong. Oleskan setiap hari pada wajah untuk merevitalisasi kulit Anda.

Mentimun
Tahukah Anda mentimun bertindak sebagai zat alami yang membersihkan dan meringankan kulit Anda? Ambil potongan mentimun yang baru dipotong dan gosok ke kulit untuk mengurangi bintik hitam, lalu basuh muka dengan air.

Lemon
Lemon memiliki asam askorbat yang membuatnya bertindak sebagai zat alami yang membantu mengecil dan menyempitkan pori-pori kulit. Ini mengurangi sekresi minyak berlebih, kemerahan dan mencerahkan kulit. Anda hanya perlu menambahkan jus lemon ke dalam air, astringen lemon pun siap untuk diaplikasikan pada wajah.

Jika Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan di atas sebaiknya menghindarinya. Pastikan juga untuk tidak menerapkan terlalu banyak astringen alami ini pada kulit yang kering, karena hal ini bisa menyebabkan kulit semakin kering.