Kebayoran > Laporan Utama

Terbangkan Drone Sembarangan, Bisa Kena Denda Rp 1,5 Miliar

Senin, 09 Juli 2018 17:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Sumber : dari berbagai sumber

Jangan menerbangkan drone sembarangan
Ilustrasi drone.
Foto : istimewa

Share this








Bagi pencinta fotografi, bermain drone bisa mendapat foto yang berbeda. Tapi jangan sembarangan menerbangkannya kalau tidak mau didenda Rp 1,5 miliar.

KEBAYORAN – Drone menjadi alat yang saat ini banyak diminati. Dengan menggunakan drone, orang bisa melihat kota seperti Jakarta dari atas. Namun, jangan menerbangkannya secara sembarangan. Pasalnya, sebagian besar wilayah Jakarta merupakan area yang tidak boleh menerbangkan drone.

Hal itu diungkapkan oleh Koloner Penerbang Agung Sasongkojati. Menurutnya, peraturan penerbangan drone atau pesawat tanpa awak yang bersifat komersial sudah diatur dalam undang-undang dan mematuhi aturan Civil Air Safety Regulation (CASR) 107.

Lebih lanjut, Agung menerangkan, aturan pemakaian drone di Indonesia sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 180 Tahun 2015. Permenhub tersebut mengatur tentang pengendalian, pengoperasian sistem pesawat udara tanpa awak di ruang udara Indonesia.

Kemudian ada juga Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 163 Tahun 2015 tentang sistem pesawat udara kecil tanpa awak.

“Jika sembarangan maka bisa kena denda Rp 1,5 miliar atau kurungan penjara (sekitar) 3 tahun,” terang Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) ini.

Untuk itu, pengguna drone diminta untuk memiliki izin menerbangkan drone dan turut bergabung dengan kelompok atau komunitas seperti Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).