Kebayoran > Laporan Utama

Sudin KPKP Jaksel Monitoring Keamanan Pangan di Lima Pasar

Sabtu, 09 September 2017 18:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Sumber : selatan.jakarta.go.id

Sudin KPKP monitoring pasar di jakarta selatan
Sudin KPKP Jakarta Selatan mengambil sampel dagangan untuk menguji keamanan produk. (Foto: Dok. Pemkot Jaksel)
Foto : istimewa

Share this








Monitoring oleh Suku Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) untuk memastikan keamanan pangan yang bebas dari bahan berbahaya.

KEBAYORAN - Suku Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta melakukan monitoring keamanan pangan di di lima pasar di Wilayah Jakarta Selatan.

Monitoring ini untuk memastikan bahwa bahan pangan yang dijual di lima pasar ini aman dari bahan berbahaya seperti formalin, boraks, rodhamin b, mathylen yellow dan residu pestisida.

“Kami mengambil sampel di lima pasar yaitu Pasar Lenteng Agung, Pasar Minggu, Lokbin Pasar Minggu, Pasar Mampang Prapatan dan Pasar Buncit,”kata Kasudin KPKP Jaksel Wachyuni. 

Pengujian sampel on the spot, Sudin KPKP melakukannya di Pasar Lenteng Agung. target sampel yang kita ambil itu ada 315 sampel, namun yang terkumpul adalah 286 sampel yakni 125 sampel dari produk pertanian, 62 sampel dari produk peternakan, serta 99 sampel perikanan, dimana semua sampel yang kami ambil negatif dari bahan berbahaya,”jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM DKI Jakarta Yayan Cahyani mengatakan, dari 38 sampel makanan yang diambil oleh pihaknya, ditemukan empat bahan makanan yang mengandung bahan berbahaya. 

"Gendar ada empat jenis mengandung boraks, kue mangkok mengandung rodhamin, mie putih mengandung formalin, serta kulit es cream warna pink  mengandung rodhamin," ucapnya.