Kebayoran > Laporan Utama

Sudin Dukcapil Jaksel Imbau Pendatang Buat SKDS

Rabu, 13 September 2017 14:30 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Sumber : selatan.jakarta.go.id

Pendatang diimbau buat Surat Keterangan Domisili Sementara
Sudin Dukcapil Jakarta Selatan mengimbau pendatang untuk membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). (Foto: Dok. Pemkot Jaksel)
Foto : istimewa

Share this








Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan (Jaksel) mengimbau para pendatang untuk membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).

KEBAYORAN – Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan Abdul Haris mengimbau para pendatang di Jakarta Selatan untuk segera membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). 

Abdul Haris menerangkan peran SKDS ini sangat penting untuk para pendatang di wilayah Jakarta Selatan. Surat ini minimal dapat membantu sebagai identitas di Jakarta manakala ada masalah kepada para pendatang. 

“Misalnya mau komunikasi surat-surat dari daerah asal, atau ada pemeriksaan dokumen yang dilakukan aparat saat razia," tuturnya dikutip dari laman selatan.jakarta.go.id. Para pendatang juga dapat dikenali secara langsung oleh lingkungan sekitar.

Tidak sulit untuk mendapatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). Warga pendatang hany perlu melengkapi beberapa dokumen seperti pengantar RT, surat salan dari daerah atau KTP Daerah, pas photo 2x3 dua buah. SKDS ini bisa jadi satu hari dan berlaku selama satu tahun.

Saat ini, sudah 1.003 SKDS telah diterbitkan selama gelaran Bina Kependudukan, yang dilakukan di delapan kecamatan yang berada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

“Penerbitan SKDS hasil Biduk tahun 2017 dari putaran pertama sampai dengan putaran ke delapan sebanyak 1003,” kata Kasi Data Informasi dan Pengawasan Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Bintang Juara.