Kebayoran > Laporan Utama

Lebaran Betawi 2017

Silat Jadi Pertunjukan Paling Dinanti di Lebaran Betawi Setu Babakan

Sabtu, 29 Juli 2017 16:39 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Rilangga Firsttian

Pertunjukan Silat Betawi di PBB Setu Babakan
Pertunjukan Silat Betawi di PBB Setu Babakan
Foto : istimewa

Share this








Silat jadi pertunjukan paling dinanti di Lebaran Betawi Setu Babakan. Ribuan warga datang saat pertunjukan itu berlangsung.

JAGAKARSA - Lebaran Betawi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakrsa, Jakarta Selatan, terkenal selalu menyajikan banyak pertunjukan kebudayaan Betawi. Salah satunya adalah pertunjukan Silat Betawi. Ribuan orang langsung memadati Panggung Utama PBB saat pertunjukan itu berlangsung.

Warga dan pengunjung memiliki alasan yang beragam dalam hal ini. Halimah, misalnya. Warga sekitar Setu Babakan ini sengaja datang dan ingin melihat pertunjukan Silat Betawi karena alasan rindu. Terlebih, kata dia, pertunjukan bela diri khas Betawi tersebut sudah jarang ditampilkan depan umum.

"Emang saya nunggu ini (pertunjukan Silat Betawi) aja. Saya pengen banget melihat pertunjukan silatnya. Dulu pas muda juga saya ikut silat, makanya saya jadi kangen," Kata Halimah saat  ditemui di sekitar panggung utama, Sabtu (29/7/2017).

Pertunjukan Silat Betawi sendiri diikuti oleh 11 perguruan silat yang ada di Jakarta. Pesertanya adalah anak berusia 15 sampai 17 tahun. Hal itu juga yang menjadi daya tarik warga untuk menyaksikan acara tersebut.

"Yang main anak-anak soalnya, jadi seru nontonya. Mereka masih kecil udah jago main golok gitu," lanjutnya.