Kebayoran > Laporan Utama

Lebaran Betawi 2017

Setu Babakan Jadi Tempat Permanen Lebaran Betawi

Jumat, 28 Juli 2017 21:10 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Wildan Kusuma

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat meninjau persiapan Lebaran Betawi di Setu Babakan
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat meninjau persiapan Lebaran Betawi di Setu Babakan
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Setu Babakan, sebuah danau buatan Belanda yang digunakan untuk menampung banjir kala itu bakal menjadi tempat permanen Lebaran Betawi.

CIGANJUR - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Setu Babakan, Jakarta Selatan akan ditambah ikan agar menjadi destinasi wisata yang banyak didatangi pelancong. Selain itu, ia menjelaskan kawasan percontohan kampung betawi tersebut akan permanen menjadi tempat Lebaran Betawi.

"Orang kalau datang ke Setu Babakan, dia ga hanya lihat bangunan fisik, dia bisa lihat kearifan dan puncak budaya warga betawi. Yang termasuk dia bisa menikmati Setu Babakan, besok kami kasih ikan banyak. Dengan cara itu Seru Babakan jado destinasi wisata yang patut dan sangat perlu dikunjungi," ujar Djarot saat meninjau Lebaran Betwai 2017 di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2017).

Selain itu, Setu Babakan juga akan menjadi tempat digelarnya Lebaran Betawi. Menurutnya, Seru Babakan lebih baik untuk menggelar acara Lebaran Betawi ketimbang tempat sebelumnya.

"Kita punya ikon Kalijodo ini harusnya bisa jadi ikon juga. Maka harusnya kami katakan ke Bang Oding sebagai Ketua Bamus, tetapkan saja setiap tahun lebaran betawi diadakan di Setu Babakan. Tempatnya akan permanen disini terus," katanya.

Pada Lebaran Betawi ke -6 hingga ke -9, lokasinya selalu diadakan di Monas dan Lapangan Banteng. Ia menilai, hal tersebut lebih boros ketimbang dibuat di Setu Babakan.

"Karena saya amatin gitu waktu ketemu Bang Oding enggak bisa di sini (Monas dan Lapangan Banteng) terus, karena sangat boros dan tak tepat sasaran. Bayangkan bangun rumah-rumahan mahal banget tiga hari dibongkar belum lagi rusak taman padahal kita punya," tandasnya.

Seperti diketahui, warga Jakarta akan menggelar Lebaran Betawi yang ke -10 di Setu Babakan pada Sabtu (29/7/2017) besok. Acara yang dimeriahkan dengan lomba mancing tersebut rencananya akan diselenggarakan sampai Minggu (30/7/2017).