Kebayoran > Laporan Utama

Sebarkan Hoax, Tommy Soeharto Gugat Situs BaBe ke PN Jaksel

Senin, 12 Februari 2018 13:45 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Wildan Kusuma

Situs BaBe digugat Tommy Soeharto
Situs BaBe digugat Tommy Soeharto karena dianggap menyebarkan berita bohong atau hoax. (foto: brothersoft android)
Foto : istimewa

Share this








Tommy Soeharto melayangkan gugatan terhadap pemilik situs BaBe karena dianggap menyebarkan berita bohong atau hoax.

KEBAYORAN - Putra Presiden Kedua Republik Indonesia, Hutomo Mandala Putra atau yang akrab dengan Tommy Soeharto menggugat PT MP Games (Mainspring Technology) yang merupakan pemilik situs berita BaBe (Baca Berita) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2018) kemarin. Tommy menggugat Situs BaBe lantaran dianggap menyebarkan berita bohong alias hoax.

"Pemberitaannya sangat mengganggu dan merugikan klien kami. Materilnya (perdatanya) Rp 100 miliar, supaya ada efek jeranya," ujar Pengacara Tommy, Erwin Kallo, Jumat(9/2/2018).

Erwin menambahkan, kliennya keberatan saat BaBe pada bulan Agustus 2017 menerbitkan pemberitaan dengan judul 'Gemetaran Tommy Soeharto Sebagai Aktor Saracennews, Jokowi Minta Polri Tangkap Dalangnya'.

Menurut Erwin, BaBe tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak Tommy tentang kebenaran tudingan itu. Alhasil, pemberitaan itu dianggap tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

"Adanya pemberitaan tersebut sangat mengganggu ketenangan klien kami dengan menyerang kehormatan dan nama baik klien kami, dimana jika dilihat dari segi judul dan pemberitaan tersebut, tidak ada relevansinya dan tidak jelas apa maksud dan tujuannya," tegasnya.

Pihaknya menilai informasi tersebut cenderung provokatif dan menghasut masyarakat luas sehingga hal itu merupakan fakta yang sudah dikualifikasikan sebagai perbuatan melawan hukum. Terlebih, kata dia, penyebaran hoax melanggar ketentuan dalam Pasal 27 Undang-Undang (UU) No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.