Rabu, 25 Oktober 2017 16:22:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : Chandra Purnama
Proyek Infrastruktur Buat Pengguna Transjakarta Beralih
Ilustrasi
Foto : istimewa
 

JAKARTA – Arus lalu lintas di Jakarta semakin macet. Ini sebagai imbas pembangunan infrastruktur transportasi yang tengah bergeliat di sejumlah titik Ibu Kota.

Dampaknya, banyak pengguna kendaraan umum, seperti Transjakarta yang kembali beralih menggunakan kendaraan pribadi untuk menyiasati terbuangnya waktu akibat kemacetan.

"Saya akui, karena jalur busnya diserobot, macet, maka banyak pengguna busway kembali pindah ke kendaraan pribadi," kata Ketua Forum Warga Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan saat dihubungi Infonitas.com, Rabu (25/10/2017).

Azas mengambil contoh, pada koridor I busway (Terminal Blok M sampai Terminal Kota Tua), kendaraan umum terutama Transjakarta mulai tumpah ruah dengan kendaraan pribadi. Hal itu yang ditenggarai menjadi pemicu, semakin ditinggalkannya kendaraan umum oleh masyarakat dalam beraktifitas.

"Kita bisa lihat koridor I, dulunya adalah jalur yang paling steril tapi sekarang karena adanya pembangunan membuat jalur itu tidak lagi steril dan malah ikut macet seperti jalur biasa," ungkap dia.

Lebih jauh dia menekankan kepada Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, untuk kembali memberlakukan sterilisasi jalur busway. Alasannya, agar masyarakat ibu kota kembali menggunakan kendaraan umum dan Jakarta lebih nyaman bagi masyarakatnya.

"Kasihan untuk pengguna bus Tansjakarta karena tidak lagi efektif, mereka menbayar untuk mendapatkan keuntungan dengan jalur khusus tapi malah tetap aja dimasukin mobil pribadi," pungkas dia. 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda