Kebayoran > Laporan Utama

PN Jakarta Selatan Batal Eksekusi Lahan di Kuningan Barat

Senin, 17 Juli 2017 20:17 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Wahyu Muntinanto

Ilustrasi lahan.
Ilustrasi lahan.
Foto : istimewa

Share this








PN Jakarta Selatan Batalkan Eksekusi Lahan di Kuningan Barat Karena Tidak Sesuai Prosedur.

KUNINGAN - Lahan seluas 12  hektar yang berada di jalan Jalan Abdul Rochim, RT03/RW02, Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan akhirnya batal di eksekusi pihak Pengadilan Negri Jakarta Selatan.

Pembatalan itu karena pihak PT CSK dan Rachmat Junaidi belum mendapatkan hasil dan masih dalam proses persidangan.

"Kami sudah sampaikan saat persidangan lalu saat pengukuran lahan yang dilakukan pihak pengadilan pada 22 Juni lalu tanpa melakukan koordinasi dengan pihak kami, namun dibuat berita acara oleh juru sita pengadilan bahwa pelaksanaan eksekusi itu disertai dengan pengukuran lahan," ujar kuasa hukum PT CSK Tri Hastutianto, Saat dihubungi senin, (17/7/2017).

Tri justru melihat pihak juru sita pengadilan justru sengaja membuat surat penetapan, pengosongan dan penyitaan lahan dilakukan pada waktu bersamaan, agar tidak memberikan kesempatan bagi pihaknya untuk bereaksi.

"Eksekusi yang dilakukan pihak juru sita Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu tidak sesuai kaidah hukum yang berlaku oleh karena itu kemarin lusa kami meminta Majelis Hakim mengabulkan gugatan pembatalan eksekusi karena kami adalah pemilik sah dari lahan tersebut," tuturnya.

Menurut Tri, pihak Rachmat Junaidi dinyatakan pernah bersalah karena memberikan keterangan palsu sehingga gugatan perdata yang dimenangkan seharusnya gugur dengan sendirinya.

"Persoalan pidana dari pihak Rachmat Junaidi akan menjadi dasar novum kami di Peninjauan Kembali kedua, apalagi ada ketidaksesuaian prosedur dimana surat penetapan eksekusi ditanda tangani oleh Wakil Ketua padahal seharusnya Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," imbunya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi pihak Junaidi menyebutkan pihaknya sudah siap untuk menjawab segala tudingan yang disampaikan oleh pihak PT CSK di persidangan Kamis lalu.

"Kuasa hukum kami akan menunjukkan bahwa apa yang diputuskan oleh Majelis Hakim soal sudah tepat, dan itu akan kami sampaikan dalam agenda sidang Kamis (20/7) pekan depan," kata Junaidi singkat.

Pada Kamis (13/7/3017) pihak pengadilan memberikan kesempatan bagi pihak PT CSK yang kalah dalam proses pengadilan tingkat kasasi untuk menyampaikan gugatan keberatan atau Peninjauan Kembali atas putusan yang memenangkan Rachmat Junaidi.

Sengketa lahan antara kedua belah pihak sudah berlangsung selama beberapa bulan terakhir, pihak PT CSK menyebutkan bahwa mereka pemilik lahan yang sah dengan bukti SHGB, sedangkan pihak Rachmat Junaidi mengantongi dokumen tanah eks Eigendom Verponding nomor 7646.