Selasa, 13 Februari 2018 19:13:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Wildan Kusuma
Ombudsman Kenalkan Cabang Jakarta Raya ke Mapolda Metro Jaya
Ombudsman. (foto: University of Sheffield)
Foto : istimewa
 

SUDIRMAN - Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala mengatakan, pihaknya baru meresmikan cabang Jakarta Raya yang khusus menangani keluhan hukum di wilayah Jakarta. Hal ini dijelaskan saat pihaknya mendatangi Mapolda Metro Jaya pada Selasa (13/2/2018).

"Kami memperkenalkan Ombudsman Jakarta Raya, dan Kapolda juga menyambut baik. Semua kegiatan yang berkaitan dengan Jakarta raya dan Polda metro akan dilakukan secara berbeda, karena sebelumnya konteksnya berbarengan. Setelah ini kami juga akan berkembang ke seluruh daerah," ujar Adrianus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

Dia menambahkan, pihak kepolisian akan memberikan wewenang kepada Ombudsman untuk penyelidikan kasus yang mengandung unsur pidana. Kasus tersebut tentunya kepada masyarakat yang melapor kepada Ombudman.

"Misalnya ada gak unsur pidananya, ke depan dari pada kami bertanya-tanya seperti itu bisa segera mengeceknya, bisa kemudian kami tangani," kata Adrianus.

Komisioner Ombudsman ini menambahkan, ada beberapa laporan yang kerap diterima Ombudsman. Menurutnya, kasus tersebut yang paling tinggi merupakan laporan yang terkait di tingkat Pemerintah daerah.

"Layanan yang terkait Pemda, itu yg paling tinggi masuk ke ombudsman, kemudian pertahanan, dan hal yang terkait regulasi tingkat pusat," terang Adrianus.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda