Kebayoran > Laporan Utama

Mau Umroh? Perhatikan 10 Tips Aman Memilih Travel Umroh

Rabu, 11 April 2018 18:34 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin

Tips memilih travel umroh.
Masjidil Haram Makkah.
Foto : istimewa

Share this








Maraknya penggelapan dana ibadah umroh oleh travel umroh membuat masyarakat khawatir. Jika ingin aman, perhatikan 10 tips aman memilih travel umroh.

KEBAYORAN – Bagi masyarakat yang ingin beribadah umroh harus berhati-hati. Terlebih banyak sekali kasus travel agent yang menggelapkan dana ibadah umroh. Sebagai calon jamaah umroh, berhati-hati dan telitilah sebelum memilih travel agent.

 

Jika masih bingung dengan apa yang harus diperhatikan, berikut ini ada 10 tips memilih travel umroh yang aman seperti dikutip dari finansialku.com.

1. Pilih travel yang terdaftar di Kementerian Agama
Travel umroh yang sudah terdaftar di Kementerian Agama tentu sudah memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan. Untuk mengecek dan mengetahui travel umroh mana saja yang terdaftar di kementerian, bisa di https://cek haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/daftar-ppiu.

2. Periksa alamat kantor travel
Tidak ada salahnya untuk mengecek alamat yang travel umroh yang akan digunakan. Hal itu untuk memastikan dan menyakinkan bahwa travel tersebut benar adanya.

3. Perhatikan rekam jejak travel umroh
Untuk melihat rekam jejak travel umroh tersebut, kita dapat memperhatikan mulai tanggal didirikannya travel. Makin lama travel umroh didirikan, makin banyak pengalaman perusahaan tersebut dalam melayani Jemaah. Selanjutnya perhatikan sudah berapa kali travel umroh menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh.

4. Jangan tergiur harga murah
Banyak orang tergiur harga murah yang ditawarkan travel umroh. Jika itu yang ditawarkan patutlah curiga. Cobalah mencari perbandingan denga travel umroh lainnya.

5. Cek fasilitas yang diberikan
Travel umroh yang baik pastinya akan terbuka mengenai fasilitas apa saja yang akan didapatkan dan fasilitas apa saja yang harus dibayar sendiri, karena tidak termasuk dalam fasilitas yang disediakan travel umroh.

6. Bagaimana cara pembayarannya
Pastikan travel umroh yang dipilih memiliki rekening atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi. Hati-hati jika menemui travel umroh yang meminta untuk melakukan pembayaran ke rekening pribadinya.

7. Cari informasi dari kerabat dan teman
Ada baiknya bertanya kepada kerabat yang pernah melakukan perjalanan ibadah umroh atau kerabat yang memang mengetahui travel umroh yang sesuai dana aman.

8. Cek ada tidaknya pembimbing umroh
Pastikan travel yang dipilih telah menyediakan pembimbing ibadah umroh yang akan menemani selama perjalanan ibadah di Tanah Suci. Keberadaan pembimbing dirasa sangat penting bagi Jemaah. Dengan pembimbing yang selalu menemani maka kita tidak kesulitan saat beribadah.

9. Jangan pilih travel yang menjanjikan keberangkatan
Jika menemui travel umroh yang menjanjikan keberangkatan Umroh satu atau dua tahun lagi, dengan alasan apapun, hal tersebut tidak dapat dibenarkan. Sebaiknya hindari travel umroh yang menjanjikan keberangkatan terlalu lama, karena hal ini sangat berisiko batalnya keberangkatan.

10. Hindari travel umroh yang menggunakan sistem MLM
Sistem ini sebenarnya hanya mengacu kepada keuntungan semata dan travel umroh ini tidak memfokuskan pada pelayanan jasa yang baik.