Kebayoran > Laporan Utama

Masyarakat DKI Nilai Negatif Program DP Rumah Nol Persen

Sabtu, 15 April 2017 18:30 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : M Nashrudin Albaany

Anies - Sandi
Anies - Sandi
Foto : istimewa

Share this








Program DP rumah nol persen justru dianggap negatif yang kemudian berpengaruh pada elektabilitas pasangan Anies – Sandi.

KEBAYORAN BARU – Direktur Eksekutif Lembaga Survei Charta Politika, Yunarto Wijaya menilai program down payment (DP) nol persen yang digaungkan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno ternyata tidak mampu mendongkrak elektabilitas pasangan tersebut.

Menurutnya, program tersebut justru dianggap negatif yang kemudian berpengaruh pada elektabilitas keduanya. "Masyarakat justru melihat DP 0 persen untuk memiliki rumah di DKI itu sebagai suatu hal yang negatif," katanya di Kebayoran Baru, Sabtu (15/4/2017).

Paling tidak, kata dia, hal itu terbukti dalam hasil survei yang dirilis Charta Politika, dimana pasangan Anies-Sandi hanya memperoleh 44,8 persen. Sementara pasangan Ahok-Djarot lebih unggul dengan capaian sebesar 47,3 persen suara dari tingkat elektabilitas.

"Dari hasil survei, tingkat elektabilitas pasangan Ahok-Djarot naik dibandingkan pesaingnya yang stagnan. Anies-Sandi kalah dari segi program yang ditawarkan, karena tidak banyak faktor yang dimiliki Anies sebagai variabel baru yang mendongkrak elektabilitas," paparnya.