Kebayoran > Laporan Utama

Menanti Upah Layak 2018

Massa Buruh Sudah Tiba di Balai Kota DKI Siap Tuntut Revisi UMP

Jumat, 10 November 2017 13:46 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Chandra Purnama

Demo buruh
Massa buruh melakukan Solat Jumat di depan Balai Kota.
Foto : Chandra Purnama

Share this








Massa buruh akan melakukan long march dari Balai Kota DKI ke Istana Negara. Mereka menuntut tiga hal.

JAKARTA - Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sudah tiba di Gedung Balai Kota Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (10/11/2017) siang. Sebagian ada yang melakukan Solat Jumat di depan kantor Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tersebut dan Masjid Istiqlal.

Menurut Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI Kahar Cahyono, massa buruh datang dari sejumlah daerah, tidak hanya dari Jakarta melainkan dari Bandung, Bogor, dan Cilegon. 

“Buruh dari luar Jakarta berangkat dari kemarin. Yang sekitar Jakarta sudah dari tadi pagi tiba disini," kata Kahar di lokasi.

Dalam aksi nanti, Kahar menyebut massa buruh akan melakukan long march dari Balai Kota Pemprov DKI Jakarta ke Istana Negara. Ini merupakan bentuk perlawanan dan perjuangan mendapatkan upah layak. 

Dalam aksi kali ini, massa buruh mengusung tiga tuntutan utama yakni mencabut PP 78 tentang Upah Murah, revisi UMP DKI menjadi Rp3.917.000, serta turunkan harga listrik dan kebutuhan pokok. 

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya menyatakan akan terbuka dengan aksi massa buruh hari ini. Sandi menyebut komitmen dia hingga saat ini sama, yakni ingin meningkatkan kesejahteraan buruh. 

Dari pantauan Infonitas.com hingga menjelang pukul 12.30 WIB, massa sudah mulai memadati Jalan Merdeka Selatan. Sementara itu, sejumlah mobil barracuda dan truk milik kepolisian telah disiagakan di halaman Balai Kota.