Senin, 12 Februari 2018 17:01:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Marak Kecelakaan Bus, Pengamat: Kurang Penerapan Manajemen Keselamatan
Pengamat Transportasi Azas Tigor Nainggolan.
Foto : Rendy MR
 

KEBAYORAN – Sabtu (10/2/2018) malam, publik kembali dikejutkan dengan musibah kecelakaan bus pariwisata di wilayah Subang, Jawa Barat. Dalam kecelakaan bus itu, 27 orang meninggal dunia. Pengamat Transportasi Azas Tigor Nainggolan  saat dihubungi infonitas menyatakan turut berbela sungkawa atas musibah kecelakaan bus tersebut.

Dia menilai musibah tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah adanya kelalaian perusahaan dalam penerapan manajemen keselamatan. Banyak mobil yang sebenarnya tidak layak jalan, tapi tetap dipaksakan.

Menurut Azas, pihak PO Pariwisata kurang memperhatikan manajemen perusahaan pada umumnya seperti tidak melakukan perawatan secara baik dan pembinaan keselamatan berlalu lintas bagi pengemudinya.

Parahnya, PO Pariwisata dengan sesukanya mengoperasikan kendaraan angkutan yang tidak layak jalan untuk mendapat keuntungan semata.

"Keberanian para PO Pariwisata mengoperasikan bus tidak layak dikarenakan tidak ada pengawasan lapangan dari pihak pemerintah," kata Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) ini.

Azas menjelaskan kecelakaan bus di Subang bukanlah yang pertama kali. Setidaknya pada 2017 lalu, kerap kali terjadi kecelakaan bus di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Kejadiannya sama yakni dikarenakan kondisi bus yang tidak laik jalan. Salah satu penyebabnya adalah kondisi rem bus yang tidak laik atau rem blong," ucapnya kepada infonitas, Senin (12/2/2018).

Azas juga menilai, lemahnya pengawasan kalayakan dari pemerintah terhadap bus sewaan juga menjadi penyebab sering kalinya terjadi kecelakaan. Pengawasan tersebut hanya menjadi bagian seremoni setelah musim kecelakaan terjadi.

"Setelah itu seperti biasa pemerintah kembali pada kebiasaan buruk, melepas angkutan umum tanpa pengawasan hingga terjadi lagi kecelakaan lalu lintas," jelas Azas.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda