Selasa, 12 Desember 2017 10:18:00
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Kemenpar Berikan Apresiasi Kepada Para Pewarta Wisata
Kemenpar Berikan Apresiasi Kepada Para Pewarta Wisata
Foto : Azhari Setiawan
 

JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi kepada para pewarta berupa penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (11/12/2017).

Anugerah ini sebagai bukti nyata apresiasi dan rasa terima kasih dari Kemenpar terhadap peran penting media yang sangat membantu kemajuan pariwisata Indonesia dengan menyebarkan informasi kepada wisatawan.

Arief menerangkan, media sebagai salah satu komponen Pentahelix yaitu akademisi, industri, komunitas, pemerintah. Media juga media mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional.

"Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen, terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan," paparnya.

Pada APWI ke-13 ini, ada sebanyak 187 tulisan dan bukti tayang dari seluruh kategori yang dikirimkan ke panitia. Tema yang diangkat pada APWI 2017 ini adalah “Pesona 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Sebagai Bali Baru” sesuai dengan keinginan pemerintah untuk mengembangkan destinasi pariwisata baru.

“Kenapa kita perlu membangun Bali baru? Karena wisatawan mancanegara (wisman) hanya memiliki 3 destinasi utama di Indonesia, yaitu Bali 40%, Jakarta 30%, Kepri 20%, sisanya 10% diperebutkan sekian ratus destinasi pariwisata di Indonesia," ucap Arief.

Lanjutnya,  dengan mengekspos destinasi wisata tersebut, pemerintah berharap bisa meningkatkan jumlah kunjungan di 10 destinasi pariwisata prioritas.

Tulisan dan bukti tayang yang telah dikirimkan diseleksi sesuai tema APWI 2017 dan mendapatkan 106 karya yang lolos, lemudian menetapkan 5 nominasi pemenang dari setiap katagorinya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda