Kebayoran > Laporan Utama

Bank Sampah Untuk Kebayoran Bersih

Kelurahan Cipete Utara Adakan Pertemuan Rutin Pengurus Bank Sampah

Rabu, 10 Januari 2018 13:24 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Pertemuan rutin pengurus bank sampah di Kelurahan Cipete Utara
Lurah Cipete Utara Mohamad Yohan saat menghadiri pertemuan rutin pengurus bank sampah se-Kelurahan Cipete Utara.
Foto : istimewa

Share this








Pertemuan rutin pengurus bank sampah di Kelurahan Cipete Utara membahas dinamika, masalah, dan solusi yang dihadapi bank sampah.

KEBAYORAN - Pihak Kelurahan Cipete Utara, Jakarta Selatan secara berkala mengadakan pertemuan rutin kepada seluruh pengurus bank sampah yang ada di Kelurahan Cipete Utara. Pertemuan dilakukan guna membahas dinamika yang ada di bank sampah.
Pertemuan yang diadakan di Sekertariat RW 04, Bank Sampah Sehati, Selasa (9/1/2018) ini dihadiri antaranya oleh Lurah Cipete Utara, Kasi Ekbang & LH, TP PKK Kelurahan, Staf Sudin LH JS,  Staf Satpel LH Kec. Keb. Baru, Ketua RW 04, dan kader Bank Sampah se-Cipete Utara.
Dalam sambutannya, Ketua RW 04 Yanto menyampaikan, bank sampah masih perlu dukungan dari Corporate Social Responsibility (CSR) dalam pelaksanaan kegiatannya.
Menanggapai pernyaataan tersebut, Lurah Cipete Utara Mohammad Yohan bersama pihak terkait akan mengusahakan kehadiran CSR bagi bank sampah. Tak lupa, ia juga menyampaikan penghargaannya kepada kader PKK RW dan kader lainnya yang aktif menjadi relawan bank sampah.
Soal pertemuan, Yohan menerangkan, di tahun 2018 ini, pertemuan rutin awalanya diadakan setiap 3 bulan sekali dan diubah menjadi 2 bulan sekali. Hal ini dilakukannya guna memajukam bank sampah itu sendiri.
"Target Bank Sampah meningkat dari rata-rata hasil penimbangan 1 ton per hari menjadi 2 ton perhari," ujarnya.
Selain diskusi tentang dinamika bank sampah, pada pertemuan ini juga dilaksanakan pelatihan kerajinan daur ulang. Dirinya memaparkan, salah satu dinamika yang ada di bank sampah adalah produk kerajinan daur ulang hasil dari bank sampah masih mengalami kesulitan dalam pemasaran.
Dengan begitu, Yohan pun berharap kepada pihak yang hadir dalam pertemuan rutin ini seperti Sudin LH maupun Satpel LH Kecamatan bisa menyampaikan ke instansi terkait agar bisa membantu soal pemasarannya.
Ditambahkannya, sebagian bank sampah sudah menerima timbangan digital dari Sudin LH Jakarta Selatan. Oleh karena itu, Yohan juga akan berusaha, agar semua bank sampah mendapatkan timbangan digital juga.
"Selain itu pengurus kembali mengusulkan seragam bagi pengurus se-Cipete Utara. Mudah-mudahan bisa dibantu CSR," harapnya.