Kebayoran > Laporan Utama

JPU Tuntut Terdakwa Penyelundupan Sabu 1 Ton Dijerat Hukuman Mati

Kamis, 15 Maret 2018 09:47 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Wildan Kusuma

Dalam sidang penuntutan delapan terdakwa penyeludupan sabu seberat 1 ton
Dalam sidang penuntutan delapan terdakwa penyeludupan sabu seberat 1 ton dituntut hukuman mati oleh JPU.
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Dalam sidang penuntutan di Pengadilan Jakarta Selatan, delapan terdakwa penyeludupan sabu seberat 1 ton dituntut hukuman mati oleh JPU.

CILANDAK – Delapan terdakwa kasus penyelundupan 1 ton sabu ke Pantai  Anyer, Banten, dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).

Jaksa Payaman pertama kali membacakan tuntutan hukuman mati terhadap tiga terdakwa warga negara Taiwan yakni Liao Guan Yu, Chen Wei Cyuan, dan Hsu Yung Li.

Ketiganya terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana narkotika. Dengan begitu, terdakwa dijerat dengan pasal Pasal 114 ayat 2 juncto Pasal 132 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman masing-masing pidana mati.

Lima terdakwa warga negara Taiwan lainnya yaitu Juan Jin Sheng, Sun Kuo Tai, Sun Ching Feng, Kuo Chun Yuan, dan Tsai Chih Hung juga dituntut dengan hukuman mati.

Untuk membantu menjelaskan tuntutan tersebut, Hakim Ketua Effendi Muchtar meminta seorang translator bahasa Mandarin mengartikan tuntutan yang dibacakan jaksa kepada delapan terdakwa.

Sidang penyelundupan sabu 1 ton rencananya akan kembali digelar pada Kamis (29/3/2018) dengan agenda pembacaan pleidoi atau nota pembelaan dari pihak terdakwa.