Kebayoran > Laporan Utama

Lebaran Betawi 2017

Jembatan Cinta Pulau Tidung Terselip di Lebaran Betawi 2017

Jumat, 28 Juli 2017 21:27 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Wildan Kusuma

Pintu masuk Jembatan Cinta Pulau Tidung di Lebaran Betawi Setu Babakan
Pintu masuk Jembatan Cinta Pulau Tidung di Lebaran Betawi Setu Babakan
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Pemerintah menyelipkan miniatur Jembatan Cinta Pulau Tidung dalam kemeriahan Lebaran Betawi 2017 di Setu Babakan pada Esok hari.

CIGANJUR - Lebaran Betawi 2017 menjadi salah satu gelaran acara kebudayaan Jakarta yang cukup megah. Setiap daerah di Jakarta harus menampilkan kebudayaan betawi di Lebaran Betawi yang digelar di Setu Babakan, Jakarta Selatan pada Sabtu (29/7/2017) besok.

Lebaran Betawi yang ke-10 ini, diwajibkan setiap pemerintah daerah mendirikan rumah yang didekorasi sesuai budaya betawi yang ada di setiap wilayahnya. Seperti, rumah adat betawi milik Kepulauan Seribu yang mendirikan jembatan cinta.

Kepala Seksi Pembinaan Kebudayaan Kepulauan Seribu Ayu Suhariyani menjelaskan, Jembaran Cinta merupakan salah satu ikon Kepulauan Seribu yang banyak dikunjungi wisatawan. Jembatan Cinta ini terletak di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

"Yang pasti kami ada ikon Jembatan Pulau Cinta, itu kan di Pulau Tidung, banyak wisatawan yang hadir ke sana," ujar Ayu kepada infonitas.com saat persiapan Lebaran Betawi di Setu Babakan, Jumat (28/7/2017).

Ia menambahkan, Kepulauan Seribu juga menunjukan kuliner khas betawi yang hanya ada di wilayahnya. Itu seperti antara lain, Udang Pengku, Karomo, Sambal Ranyu, Keripik Sukun, dan Keruluk Ikan Selar.

"Ini kan berbeda, sangat berbeda kami punya 10 macam kuliner khas betawi dari kepulauan seribu. Ada unggulan hasil kepulauan seribu, seperti keripik sukun itu udh khas sekali, kerupuk ikan selar, kan kami penghasil ikan selar yg bagus sehingga dibudi dayakan dan dibuat kerupuk," katanya.

Ia berharap, dengan adanya Lebaran Betawi ini, Kepulauan Seribu biaa lebih dikenal masyarakat Jakarta.

"Kami berharap Kepulauan seribu bisa dikenal, mungkin selama ini banyak yg mandang apa itu kepulauan seribu, mungkin ada yang melihat sebelah mata. Kami kan ada pulau-pulau, semua sebenarnya punya pemandangan yang sangat indah dan punya makanan khas," pungkasnya.