Kebayoran > Laporan Utama

Ini Penyebab Pohon di Jakarta Selatan Rawan Tumbang Saat Musim Hujan

Selasa, 14 November 2017 14:29 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Wildan Kusuma

Pohon tumbang di Tanah Kusir
Sebuah pohon tumbang menimpa kap depan mobil di kawasan Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Selain disebabkan oleh potensi hujan lebat dan angin kencang, pohon tumbang juga bisa terjadi di Jakarta selatan karena beberapa sebab.

KEBAYORAN - Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Selatan JS Yuswardi mengatakan, ada beberapa faktor penyebab pohon tersebut bisa tumbang. Antara lain yaitu, karena perawatan pohon dan kurangnya jarak untuk pohon bernafas.

Dia menjelaskan, pohon yang rawan tumbang bisa karena sudah tua dan bolong. Kemudian, keberadaan trotoar yang mendesak pohon sulit untuk didangir (mencangkuli dan membersihkan tanah di sekitar pohon agar tetap subur).

"Trotoar yang sudah disemen juga jadi faktornya. Jadi, pohon gak ada gerak. Paling tidak aturannya seperti itu, kalau sudah seperti itu tidak bisa mendangir," ujarnya kepada infonitas.com, Selasa (14/11/2017).

Yuswardi menambahkan, untuk pohon yang rawan tumbang, pihaknya telah melakukan pendataan di setiap Kecamatan di wilayah Jakarta Selatan untuk dilakukan pergantian.

"Semua kecamatan di Jaksel, sudah kami inventarisir. Kami sudah siapkan pohon baru untuk mengganti pohon yang rawan tumbang," katanya.