Kebayoran > Laporan Utama

Ini 5 Tips Hindari Sakit Pinggang dan Leher Saat Nyetir Selama Mudik

Jumat, 08 Juni 2018 17:15 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Ilustrasi sakit pinggang saat mengemudi.
Ilustrasi sakit pinggang saat mengemudi.
Foto : istimewa

Share this








Nyetir kendaraan saat mudik Lebaran tentunya sangat melelahkan. Agar terhindar dari sakit pinggang dan leher, ada 5 tips yang bisa dipraktikkan.

KEBAYORAN - Duduk mengemudi dalam waktu yang lama bisa berpotensi menimbulkan sakit pinggang dan leher. Hal ini perlu diwaspadai bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik Lebaran. Pasalnya, momen ini identik dengan kemacetan yang akan menambah waktu tempuh perjalanan.

Untuk menghindari kondisi yang kurang menyenangkan itu, bisa disimak beberapa tips berikut ini seperti yang dikutip dari Liputan6.com. Jangan sampai saat berkumpul bersama kekuarga, Anda mengalami sakit pinggang dan leher.

1. Atur jok dan spion sebelum perjalanan

Bagian belakang kursi seharusnya sedikit bersender, agar duduk terasa natural. Spion diatur agar dapat melihat sekeliling mobil tanpa perlu menggerakkan kepala berlebihan. Ini dapat mengurangi kelelahan pada leher.

2. Duduk nyaman

Keuntungan dari jok yang memiliki banyak pengaturan adalah mudah  mendapatkan posisi nyaman. Dengan mengatur lumbar pada jok, pinggang Anda dapat bersender dengan nyaman. Hal ini mengurangi risiko sakit pinggang secara signifikan.

3. Atur posisi lingkar kemudi

Setelah duduk, tangan Anda seharusnya memegang lingkar kemudi secara natural. Posisi siku seharusnya menekuk sedikit.

4. Atur posisi kursi agar dapat mengoperasikan pedal dengan baik

Jarak kursi seharusnya diatur agar kaki berada di pedal secara natural. Menggunakan sepatu dengan sol empuk sangat dianjurkan untuk berkendara. Menggunakan high heels atau sol tebal akan membatasi pergerakan kaki. Selain kaki terasa tegang, respon dalam keadaan darurat akan berkurang.

5. Beristirahat secara berkala

Tubuh manusia tidak dirancang untuk duduk dalam waktu yang lama, sehingga disarankan untuk beristirahat setelah berkendara cukup lama untuk menghindari sakit pinggang dan leher.