Kebayoran > Laporan Utama

Ingin Ginjal Sehat, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Selasa, 16 Mei 2017 20:30 WIB
Editor : Waritsa Asri | Sumber : Dbs

Ilustrasi kesehatan
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Anda ingin memiliki ginjal yang sehat maka hindari kebiasaan buruk seperti menunda buang air kecil, kurang minum air putih hingga konsumsi obat berlebih

KEBAYORAN – Organ tubuh yang penting yaitu ginjal, memiliki fungsi untuk membantu menyaring kotoran melalui urin bahkan membuang kelebihan air dalam tubuh.

Jadi, ginjal memiliki peranan terpenting bagi tubuh. Jika ginjal memiliki masalah akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah hal yang harus kamu hindari agar tidak terhindar dari berbagai masalah kesehatan ginjal.

Kebiasaan Menunda Buang Air Kecil

Ketika urine tetap dalam kandung kemih untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di dalam urin untuk berkembang biak. Selain itu, mempertahankan urin meningkatkan tekanan pada ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal dan inkontinensia.

Kurang Minum Air Putih

Menurut National Kidney Foundation, dalam top10homeremedies.com orang dewasa yang sehat harus minum setidaknya 10 sampai 12 gelas setiap hari cairan untuk menjaga ginjal sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik.

Baca : Bercocok Tanam di RPTRA Sungai Bambu

Konsumsi Garam Berlebih

Ginjal memetabolisme 95 persen natrium yang dikonsumsi melalui makanan. Ketika asupan garam yang tinggi, ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun, menyebabkan retensi air dalam tubuh.

Konsumsi Obat yang berlebih

Penelitian menunjukkan bahwa analgesik dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan memburuk fungsi ginjal. Selain itu, penggunaan secara jangka panjang obat-obatan analgesik dapat menyebabkan gagal ginjal akut atau penyakit ginjal kronis yang dikenal sebagai nefritis interstitial kronis.