Kebayoran > Laporan Utama

IBEF 2017 Kembangkan Potensi Kearifan Lokal Indonesia

Kamis, 07 Desember 2017 15:50 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Produk di IBEF 2017
Beragam produk karya di The 7th International Business Adminitration Entrepreneurship Festival (IBEF) 2017.
Foto : Rachli Anugrah Rizky

Share this








Tema Local Wisdom For The Entrepreneurship diangkat melihat potensi kearifan lokal Indonesia yang belum banyak diangkat dan dikembangkan.

KEBAYORAN – The 7th International Business Adminitration Entrepreneurship Festival (IBEF) 2017 mengambil tema Local Wisdom For The Entrepreneurship. Tema itu diangkat karena melihat potensi kearifan lokal Indonesia yang belum banyak diangkat dan dikembangkan.

“Tema tersebut diusung juga karena dirasa masyarakat Indonesia juga sudah kembali ke arah tren lokal. Sekarang ini lokal lebih seksi,” kata Head of Business Administration Departement - Swiss German University (SGU) Fiter Abadi di Piazza Hall Gandaria City, Jakarta, pada Kamis (7/12/2017).

Kearifan lokal tersebut dituangkan berupa berbagai produk yang ditampilkan oleh para label start up. Di antaranya hasil kreasi motif kain songket yang dijadikan produk tas.

Tak hanya label start up, dalam kegiatan ini juga menggandeng salah satu prodak lokal Indonesia, yakni panganan dan pernak-pernik khas Betawi.

Kegiatan ini merupakan pengaplikasian dari mata kuliah. Seperti halnya saat Semester III, mahasiswa dibekali Entrepreneurship Venture yang dimaksudkan untuk memancing ide atau gagasan membuat bidang usaha.

Pada semester IV, mahasiswa ditugaskan untuk membuat prototipe dari ide atau gagasan mereka hasil dari melihat langsung ke lapangan. Saat Semester V, barulah mengadakan kegiatan semacam ini (IBEF).

"Anak-anak kita arahkan untuk mengemas produk mereka dengan menarik. Selain itu, kita ingin melihat proses mereka, mulai dari ide, pencarian tempat kegiatan, hingga bagaimana cara menjual produknya," kata Fiter.

Ada beberapa hal sebagai bahan penilaian, di antaranya adalah omzet dan target yang dicapai oleh masing-masing lebel star up. Dengan begitu, ia pun berharap dalam kegiatan ini mereka bisa mengembangkan jiwa entrepreneurship.