Kebayoran > Laporan Utama

Hujan Deras Tiang Pancang LRT Depan Menara Saidah Longsor

Jumat, 13 Oktober 2017 14:35 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Chandra Purnama

Menara Saidah Pancoran.
Menara Saidah Pancoran.
Foto : Chandra Purnama

Share this








Hujan deras mengguyur kawasan Jakarta Selatan, alhasil tiang pancang LRT dan flayover di depan Menara Saidah longsor.

JAKARTA - Longsor terjadi di lereng galian pondasi pembangunan tiang pancang proyek LRT (Light Rail Transit) dan flyover Pancoran depan Menara Saidah Jalan Gatot Subroto, Pancoran pada Kamis 12 Oktober kemarin sore. Namun begitu, tak ada korban jiwa dalam longsor tersebut.

Warga sekitar, Agung mengatakan, longsornya tanah di depan Gedung Menara Saidah itu terjadi pada Kamis, 12 Oktober kemarin sore, tepat saat hujan cukup deras mengguyur kawasan Jakarta Selatan. Adapun tanah itu longsor diduga akibat terjadinya hujan itu, yang mana membuat tanah di depan Menara Saidah pun terkena imbas longsoran.

"Kemarin tanahnya ambles, pas di sekitaran pembangunan tiang pancang proyek LRT dan flyover Pancoran," ujarnya di lokasi, Jumat (13/10/2017).

Saat ini, area sekitar longsornya tanah tersebut tampak ditutupi dengan pagar-pagar seng menghindari terjadi hal tak diinginkan. Sementara itu, aktivitas di lokasi proyek pembangunan tampak biasa saja, pekerja proyek LRT masih berlalu lalang di sekitaran lokasi mengurusi proyek pengerjaan flyover Pancoran.

Sementara itu, Manajer Konstruksi Sipil Divisi Konstruksi Departemen LRT Jabodebek, Ery Satriadi menerangkan, amblesnya tanah tersebut terjadi saat pihaknya tengah melakukan pengerjaan pondasi. Pihaknya pun memastikan, Menara Saidah yang ada di depan proyek pembangunan tersebut tak bakal longsor.

"Nggak akan longsor menaranya. Pondasi menaranya pondasi dalam. Itu lereng galian kita saja tegerus hujan karena spacenya sempit sekali," tuturnya saat dikonfirmasi.

Dia menambahkan, dalam insiden itu, tak ada korban jiwa maupun peralatan yang rusak berarti. Namun, pagar kerja proyek turut terperosok bersama longsoran tanah itu. Saat ini, pihaknya pun akan melakukan pembersihan di lokasi longsornya tanah itu agar bisa kembali melakukan pengerjaan pondasi.

"Jadi, harus harus pembersihan ulang lagi sebelum cor pondasi," katanya.