Kebayoran > Laporan Utama

Gema Asian Games 2018 di Jakarta Selatan

Jumat, 27 Juli 2018 13:30 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)
Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).
Foto : Azhari Setiawan

Share this








Pemkot Jakarta Selatan bersiap menerima obor Asian Games 2018 di Taman Margasatwa Ragunan. Gema Asian Games pun semarak di berbagai kelurahan.

KEBAYORAN - Sebagai salah satu kota penyelenggara pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games XVIII, Jakarta terus dipercantik. Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI Jakarta bersama-sama membenahi infrastruktur untuk menunjang kelancaran Asian Games 2018 yang akan terselenggara mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

Di Jakarta, selain Gelora Bung Karno (GBK) dan venue-venue cabang olahraga di kawasan Senayan, infrastruktur lainnya pun dipercantik. Salah satunya penataan jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun langsung meninjau progres penataan jalan dan trotoar tersebut pada Minggu (22/7) siang.

“Kita periksa kondisi pembangunan trotoar di sepanjang Jalan Thmarin sampai Sudirman sekaligus memastikan sesuai dengan rencana pada 22 Juli jalan sudah lurus. Alhamdulillah sekarang sudah lurus,” kata Anies. Bukan Cuma itu, Anies pun berencana jembatan penyeberangan orang (JPO) yang ada di dekat Bundaran Hotel Indonesia (HI) juga akan diturunkan.

 Di Jakarta Selatan, kemeriahan menyambut Asian Games 2018 juga terlihat di beberapa wilayah. Sebagai salah satu wilayah yang dilalui obor Asian Games, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matalli meninjau kesiapannya di lapangan Taman Margastwa Ragunan (TMR). Salah satu alasan TMR dipilih sebagai salah satu rute Torch Relay Asian Games 2018 karena tempat ini memiliki salah satu binatang yang menjadi maskot Asian Games yakni Rusa Bawean.

Saat meninjau, Marullah pun menyempatkan diri melakukan sesi latihan membawa obor Asian Games. Hal itu dilakukan lantaran dirinya terpilih menjadi salah satu tokoh yang akan membawa obor Asian Games 2018. “Tidak jauh, tapi kan obornya cukup diperhitungkan bebannya,” ucapnya di Taman Margasatwa Ragunan, Jumat (20/7).

Kemeriahan Asian Games juga terlihat di Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Sawo dibuat mural bertema Asian Games 2018. Lurah Cipete Utara Mohamad Yohan menerangkan pada awalnya dirinya hanya menginstruksikan untuk membuat spanduk menyambut Asian Games.

Namun, warga bersama PPSU, PHL Taman, dan pengelola RPTRA Taman Sawo secara swadaya berinisiatif untuk membuat mural Asian Games. “Ini Kolaborasi antara PHL Taman, PPSU Cipete Utara, dan pengelola RPTRA Taman Sawo dan masyarakat,” katanya. Lokasi RPTRA Taman Sawo dipilih karena tempat ini dinilai sangat strategis. Setiap harinya hampir 500 orang datang ke RPTRA Taman Sawo.

Bukan hanya Cipete Utara, Kelurahan Pesanggrahan, Keacamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan melakukan hal yang sama. Halaman kantor Kelurahan Pesanggrahan dimural dengan gambar logo dan maskot Asian Games 2018, yakni Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. “Kita tidak ingin ketinggalan dalam meramaikan dan memeriahkan Asian Games 2018,” kata Lurah Pesanggrahan Saryati.

Gaung Asian Games 2018 juga dirasakan oleh para warga Kelurahan Pesanggrahan. Diakui Saryati, hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat saat mengikuti acara Festival Jelang Obor Asian Games 2018 secara serentak di 10 Kecamatan wilayah Jakarta Selatan. “Kepada pemilik usaha serta pengelola gedung, untuk berpartisipasi dalam Asian Games 2018 dengan cara memasang umbul-umbul, spanduk, baliho, ataupun banner,” ucapnya.