Kebayoran > Laporan Utama

Dukcapil Jaksel Akan Gelar Operasi Bina Kependudukan

Minggu, 01 Juli 2018 16:00 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jaksel Abdul Haris.
Kepala Suku Dinas Dukcapil Jaksel Abdul Haris.
Foto : istimewa

Share this








Operasi Bina Kependudukan (Binduk) rencananya akan digelar Dukcapil Jaksel pada 10 Juli mendatang. Operasi ini akan digelar di 9 kecamatan.

KEBAYORAN - Dalam rangka mendata para pendatang baru pascaLebaran, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan (Jaksel) berencana menggelar operasi Bina Kependudukan (Binduk).

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jaksel Abdul Haris mengatakan, operasi Binduk akan digelar pada 10 Juli mendatang di salah satu wilayah kelurahan yang berada di Kecamatan Kebayoran Lama.

"Rencananya tanggal 10 Juli akan kami gelar," ujarnya seperti dikutip dari laman Berita Jakarta, Minggu (1/7/2018).

Dalam operasi tersebut, pihaknya akan memeriksa data administrasi kependudukan pendatang baru. Selain itu juga dilakukan pendataan agar bisa diketahui jumlah pendatang baru di Jakarta Selatan.

"Kami juga akan melakukan operasi Binduk di sembilan kecamatan lain di Jaksel," katanya.

Menurut Haris, sejauh ini pihaknya telah memetakan wilayah-wilayah yang disinyalir sebagai tempat bagi pendatang baru. Pasalnya, diprediksi bahwa tempat tersebut merupakan lokasi bagi para penduduk pendatang baru di Jakarta Selatan.

Selain pendataan, dalam operasi Binduk, pihaknya juga menggelar berbagai layanan. Di antaranya pembuatan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS), perekaman E-KTP serta konsultasi publik.

"Kami juga bekerja sama dengan berbagai instansi terkait lainnya demi lancarnya operasi Binduk," sambungnya.