Kebayoran > Laporan Utama

Pilkada DKI 2017

DPT di Pesanggrahan Meningkat, Tapi Jumlah Pemilih Turun

Kamis, 20 April 2017 14:22 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : M Nashrudin Albaany

Ilustrasi Proses penghitungan suara
Ilustrasi Proses penghitungan suara
Foto : M Nashrudin Albaany

Share this





Jumlah DPT di Pesanggarahan meningkat di tiap TPS. Akan tetapi, angka partisipan pemilih malah berbanding terbalik yaitu turun

PESANGGRAHAN - Proses pemungutan suara di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 telah usai. Namun, di beberapa wilayah terjadi penurunan jumlah partisipasi pemilih jika dibandingkan dengan putaran pertama pada Rabu (15/2/2017) lalu.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan kenaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terjadi hampir di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di putaran kedua. Contoh penurunan jumlah partisipan terjadi di Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Misalnya, jumlah DPT mengalami kenaikan hingga 481 pemilih di TPS 02. Namun, jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya hanya 346 orang, "Jumlah DPT memang mengalami kenaikan, tapi yang menggunakan hak pilihnya justru menurun," kata Agus, salah seorang petugas KPPS.

Baca juga : Sempat Vakum, Aktifitas Stasiun Tanjung Priok Aktif Lagi

Di TPS ini sendiri, pasangan Anies-Sandi kembali memperoleh suara terbanyak sama halnya seperti di putaran pertama lalu. Anies-Sandi memperoleh 186 suara. Unggul dari Ahok-Djarot yang hanya meraup 156 suara. 

Hal serupa juga terjadi di TPS 12, dimana jumlah DPT mengalami peningkatan mencapai 559 pemilih. Namun yang menggunakan hak pilihnya hanya 476 orang. "Jumlah ini sangat jauh berbeda dari putaran pertama lalu, padahal jumlah DPT nya meningkat drastis," ujar Hadi, petugas KPPS.

Sama halnya seperti di TPS 02, di TPS 12 ini, pasangan Anies-Sandi berhasil menang telak dengan memperoleh 277 suara, dimana pasangan petahana hanya meraih 196 suara, dengan 3 suara tidak sah.