Kebayoran > Laporan Utama

Dinilai Gagal, FAKTA Minta Menteri Perhubungan Mengundurkan Diri

Selasa, 13 Februari 2018 11:33 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Kecelakaan bus tanjakan emen
Kecelakaan bus di Tanjakan Emen menelan 27 korban jiwa.
Foto : istimewa

Share this








FAKTA menilai Kementerian Perhubungan dinilai gagal membangun layanan angkutan umun yang selamat, aman, nyaman, dan terjangkau.

KEBAYORAN - Kementerian Perhubungan dinilai gagal dalam menjalankan tugasnya untuk mengawasi serta memberi sanksi terhadap perusahaan otobus (PO) yang lalai menjalankan manajemen keselamatan.

Hal itu seperti disampaikan oleh Analis Kebijakan Transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan terkait kecelakaan PO Pariwisata di Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (10/2/2018). Kecelakaan tersebut menyebabkan 27 orang meninggal dunia.

"Berhubung kejadian kecelakaan lalu lintas seperti ini sudah sering terjadi dan merupakan kegagalan jajaran Kementerian Perhubungan dan membiarkan  pengulangan terus menerus jatuhnya korban nyawa," katanya, Senin (12/2/2018).

Untuk itu pula, perlu dilakukan evaluasi dan pergantian terhadap jajaran pejabat Kementerian Perhubungan yang bertanggung jawab dalam hal pengawasan kelayakan kendaraan angkutan umum.

Azas pun menyampaikan, secara khusus juga Menteri Perhubungan mengundurkan diri dari jabatannya dikarenakan gagal mengkordinir jajarannya guna membangun layanan angkutan umun yang selamat, aman, nyaman, dan terjangkau.

"Selamat, aman, nyaman sebagaimana diamanatkan oleh Pasal 138 ayat 1 & 2 UU nomor: 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan," ucapnya.