Jumat, 12 Januari 2018 17:51:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Wildan Kusuma
Boleh Lewat Thamrin Lagi, Ditlantas Polda Metro Perketat Pengawasan
Pengendara sepeda motor bisa melintasi Jalan Thamrin setelah Mahkamah Agung mencabut Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Merdeka Barat.
Foto : Rachli Anugrah Rizky
 

KEBAYORAN - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sepakat akan melakukan pemantauan selama satu bulan dan memperketat pengawasan di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Kesepakatan itu berdasarkan hasil rapat Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Dishub DKI Jakarta, pada Jumat (12/1/2018).

Kasubdit Standardisasi Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Kingkin Winisuda mengatakan, pemantauan akan dilakukan selama satu bulan sejak Jalan MH Thamrin sudah dapat dilewati sepeda motor.

Pemantauan itu bertujuan untuk melihat apakah pencabutan larangan tersebut akan menyebabkan kemacetan semakin parah atau tidak.

"Tadi sudah disampaikan oleh Andry (Kadishub DKI Jakarta) akan dilakukan monitoring dan evaluasi, kami kasih batas waktu satu bulan, apakah dampak daripada putusan itu membawa kemacetan parah apa sebaliknya. Kami pantau satu bulan," ujar Kingkin di Mapolda Metro Jaya.

Kingkin menilai, pemantauan tersebut dilakukan berdasarkan jumlah kendaraan motor serta pelanggaran lalu lintas yang meningkat setiap harinya. Selain itu, menurutnya pemantauan juga untuk melihat bagaimana perilaku pengendara sepeda motor yang melintas di jalan tersebut.

"Tentu pemerintah dan stakeholder lainnya harus bisa kendalikan. Saat ini masalah di Jakarta dari dulu sampai sekarang adalah kemacetan. Kami dari Korlantas berikan asistensi kepada Dirlantas, Dishub dan Pemprov terkait masalah ini," katanya.

Seperti diketahui, larangan melintas sepeda motor di Jalan MH Thamrin hingga Medan Merdeka Barat dicabut pemerintah provinsi DKI Jakarta berdasarkan keputusan MA yang menggabungkan uji materi atas Pergub 195/2014.

Pihak Dishub Pemprov DKI juga telah mencabut rambu pelarangan sepeda motor yang terpasang di jalur tersebut sejak Kamis (11/1/2018) kemarin.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda