Kebayoran > Laporan Utama

Aksi 299

Begini Rekayasa Lalu Lintas Saat Aksi 299 di Depan Gedung DPR/MPR

Jumat, 29 September 2017 10:03 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter :

Pengalihan arus
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Rekayasa lalu lintas saat aksi 299 berupa pengalihan arus buka tutup dan contra flow.

JAKARTA - Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan pengaturan lalu lintas saat giat penyampaian pendapat atau aksi 299 di depan Gedung DPR/MPR hari ini bersifat situasional.

Meski dilakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus buka tutup dan contra flow. Berikut rinciannya:

1.Pada saat massa sudah berkumpul di depan Gd DPR/MPR, jalur sepanjang Jalan Gatot Subroto (depan Gedung DPR/MPR) diusahakan tetap ada ruang  (lajur) untuk giat lalu lintas sambil mengimbau masyarakat tidak menutup jalan.

2.Apabila terjadi kemacetan di depan Gedung DPR/MPR, disiapkan rekayasa dlm bentuk alih arus sebagai berikut:

a. Arus lalu lintas dari Cawang arah Slipi dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda-Palmerah-Permata Hijau atau ke Slipi-Jala S. Parman dan seterusnya.

b. Arus dari Lapangan Tembak arah Slipi diluruskan ke Layang Farmasi- Benhil-Penjernihan-Pejompongan-Slipi-Jln S.Parman dan seterusnya.

Baca Juga : Ada Aksi 299, Rute Transjakarta di Jalur Ini Terpaksa Dialihkan

c. Arus lalu lintas keluar di of ramp Pulau dua diluruskan keluar Slipi Jaya.

d. Arus lalu lintas dalam tol yg keluar/off ramp  Senayan diluruskan keluar Semanggi.

e. Off ramp (keluar tol Polda) dilakukan buka tutup.

f. Bila massa sudah masuk ke tol maka arus lalu lintas dari Cawang ke bandara diarahkan keluar off ramp depan polda. Selanjutnya, ke jalur arteri diarahkan ke arah Tomang via Bundaran HI atau via Gerbang Pemuda menuju Jalan Lapangan Tembak arah Pal Merah Slipi menuju Tol Slipi 1.

Kemudian, kendaraan dari arah bandara ke Cawang dialihkan keluar off ramp Slipi selanjutnya ke arteri Gatot Subroto menuju tol Semanggi 1 atau via arteri ke arah tol Karet Casablanca menuju Rasuna Said, Kuningan menuju tol Kuningan 2.

g. Pelaksanaan rekayasa lalu lintas dalam bentuk alih arus, buka tutup dan contra flow dipantau dan pengendalian arus lalu lintas dikendalikan via Regional traffic management Center (RTMC).