Kebayoran > Laporan Utama

Begini Cara Membaca yang Efektif

Rabu, 15 November 2017 10:45 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Sumber : DBS

Cara membaca yang efektif
Ilustrasi cara membaca buku yang efektif. (foto : baysidejounal.com)
Foto : istimewa

Share this








Membaca buku kadang membuat mata terasa lelah bahkan mengantuk. Jika ingin dapat membaca secara efektif, ikuti cara yang dianjurkan ini.

KEBAYORAN - Kontras warna pada buku, di mana teks dicetak berwarna hitan dan latar kertas putih membuat mata kesulitas meresponnya. Namun ada cara agar proses membaca berjalan efektif dan tidak terasa lelah. Ingin tahu? Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar proses membaca berjalan efektif.

Sumber cahaya
Atur posisi duduk sedemikian rupa sehingga Anda membelakangi sumber cahaya. Dengan begitu, cahaya, baik dari lampu maupun sinar matahari, tidak mengenai mata secara langsung. 

Ini dilakukan untuk mengurangi kontras yang terlalu besar antara sinar lampu atau sinar matahari dengan teks yang Anda baca. 

Iris mata tidak kebingungan memutuskan kapan harus menciut dan kapan harus melebar dan mata pun dalam keadaan terjaga.

Atur kontras
Jika Anda membaca lewat tablet atau komputer, aturlah kontras pada layar komputer sedemikian rupa seimbang antara bagian yang terang dan bagian yang gelap. 

Saat Anda membaca ebook atau halaman web, copy halaman yang sedang Anda baca, kemudian di Microsoft Word atau aplikasi sejenis, paste halaman tersebut. 

Setelah itu, aturlah sedemikian rupa agar latar belakangnya berwarna hitam, sementara teksnya berwarna putih. Trik ini dilakukan untuk menyeimbangkan kontras cahaya dari material yang Anda baca.

Posisi lampu
Posisikan lampu belajar sedemikian rupa sehingga cahayanya mengenai langsung halaman yang Anda baca. Namun demikian, sinar yang terlalu terang membuat mata silau. 

Akibatnya, Anda susah membaca teks yang tertulis. Supaya tidak terlalu silau, posisikan lampu agak jauh dari materi yang Anda baca. Atur agar sinarnya tetap mengenai halaman tersebut.