Senin, 12 Februari 2018 18:28:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Azas Tigor: Cabut Izin Usaha PO Pariwisata yang Lalaikan Keamanan
Pengamat Transportasi Azas Tigor Nainggolan.
Foto : Rendy MR
 

KEBAYORAN – Kejadian kecelakaan bus pariwisata di wilayah Subang, Jawa Barat menunjukkan masih banyak PO Pariwisata yang lalai menjaga keamanan dan keselamatan penumpang. Sayangnya, pihak pemerintah tidak pernah melakukan tindakan tegas pada PO yang melalaikan unsur keselamatan tersebut.

Hal itu dikatakan Analis Kebijakan Transportasi Azas Tigor Nainggolan, Senin (12/2/2018). Kepada infonitas, dia menyampaikan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan lemah melakukan pengawasan.

Selain itu, pemerintah juga dianggap tidak memberi sanksi yang tegas terhadap perusahaan otobus (PO) yang melalaikan keamanan untuk angkutan sewa.

"Sampai saat ini pemerintah tidak pernah melakukan pencabutan izin usaha atau menutup perusahaan PO yang melanggar, atau kendaraannya tidak beroperasi dengan baik dan terjadi kecelakaan," katanya.

Azas juga menyayangkan, minimnya informasi yang diterima oleh masyarakat terkait kepemilikan izin serta penerapan manajemen keselamatan seperti perawatan berkala yang dilakukan oleh PO. Seharusnya, pihak pemerintah dapat mempublikasikan hal tersebut.

"Informasi itu nantinya bisa membantu masyarakat yang akan menyewa bus pariwisata dan mendapatkan PO yang baik terkait kendaraan operasinal serta manajemennya," terangnya.

Azas meyampaikan penyebaran informasi tersebut juga bisa dilakukan pemerintah melalui laman resmi (website) Kementrian Perhubungan agar bisa diakses oleh masyarakat.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda