Kamis, 09 November 2017 13:11:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meninjau kembali Peraturan Gubernur yang melarang sepeda motor melintasi Jalan MH Thamrin.
Foto : Rendy MR
 

KEBAYORAN - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengevaluasi dan meninjau kembali Peraturan Gubernur (Pergub) tentang larangan sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin hingga Merdeka Barat. Pergub tersebut diteken oleh gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama pada 2014. 

Anies ingin seluruh warga Jakarta bisa mengakses seluruh jalan di Jakarta. “Rancangan yang ada supaya diubah untuk mengakomodasi kendaraan roda dua. Kami ingin seluruh area di Jakarta accessible untuk warganya. Bukan hanya roda empat tapi juga roda dua ataupun lebih,” ucapnya di Balai Kota Jakarta, Senin (6/11/2017).

Salah satu alasannya adalah ratusan ribu pengusaha UMKM menggantungkan aktivitas usahanya lewat Jalan MH Thamrin. Data yang dimiliki Anies menyebutkan ada sekitar 470 ribu pengusaha UMKM yang membutuhkan akses jalan ini untuk menyuplai kebutuhan karyawan mulai dari makanan hingga barang-barang lainnya. 

“Kalau motor gak bisa masuk, gak ada yang antar makanan atau suplai barang ke sana. Kebayangkan kan? Jadi ini buka hanya soal yang kerja saja” kata Anies.

Munculnya wacana penghapusan larangan sepeda motor melintasi jalan Thamrin disampaikan setelah rapat pimpinan (rapim) mengenai pembangunan trotoar. Dalam rapim itu, Anies meminta merevisi Pergub larangan tersebut.

“Ternyata ada Pergub-nya yang menjadi dasar larangan tersebut. Makanya Pergub-nya juga akan diubah nantinya,” terang Anies. 

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda