Kebayoran > Laporan Utama

22 Bangunan Bantaran Kali Jelawe Dibongkar

Kamis, 12 Januari 2017 15:46 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Chandra Purnama

Pembongkaran bangunan di bantaran Kali Jelawe
Pembongkaran bangunan di bantaran Kali Jelawe

Share this





Kali Jelawe sepanjang 300 meter dan lebar 7 meter tertutup habis oleh bangunan permanen warga yang mayoritas memiliki dua lantai.

KEBAYORAN BARU – Sebanyak 22 bangunan permanen di bantaran Kali Jelawe, Jakarta Selatan dibongkar petugas, pada Rabu (11/1/2017) sore. Pembongkaran tersebut dilakukan oleh warga sekitar, lantaran telah mendapat peringatan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan.

Menurut Lurah Gunung, Kebayoran Baru, Noor Muchyadi mengatakan dalam pembongkaran tersebut turut diterjunkan alat berat karena bangunan di sepanjang Kali Jelawe sudah permanen. "Hari ini sebagian membongkarnya dibantu petugas PPSU, Satpol dan jajaran terkait," kata dia di lokasi, Rabu (11/1/2017).

Noor mengatakan, Kali Jelawe sepanjang 300 meter dan lebar 7 meter tertutup habis oleh bangunan permanen warga yang mayoritas memiliki dua lantai. Sebelum pembongkaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan sudah menyurati Lurah Gunung agar warga setempat untuk melakukan pembongkaran.







Kebayoran > Laporan Utama

Ruko Mie Ayam 88 Kebayoran Baru Terbakar

Minggu, 15 Januari 2017 11:00 WIB
Editor : Andi MZ | Sumber : DBS

Ilustrasi kebakaran
Ilustrasi kebakaran

Share this





Ruko resto Mie Ayam 88 yang terletak di Jalan Kyai Maya Kebayoran Baru terbakar tadi pagi. Kerugian hampir mencapai Rp 500 juta

KEBAYORAN BARU – Ruko resto mie Ayam 88 yang terletak di Jalan Kyai Maja 77 RT 13/03, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terbakar, pada Minggu (15/1/2017) pagi. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian diperkiran hampir mencapai Rp 500 juta.

Untuk memadamkan api, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Selatan menurunkan 14 mobil pemadam. “Kami menerima kabar pada pukul 05.25. Api baru kami kuasai pada pukul 07.05,” ujar Usman, Kepala Sektor I Kebayoran Lama, Minggu (15/1/2017).

Ia menceritakan api berasal dari lantai 3 kemudian merambat ke lantai 4. Usman menduga ruko tersebut terbakar karena unsur kesengajaan. “Diduga ada unsur kesengajaan,” tutur Usman tanpa membeberkan indikasinya.

 







Kebayoran > Laporan Utama

Warga Bantaran Kali Jelawe Bongkar Bangunannya Sendiri

Kamis, 12 Januari 2017 09:34 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Chandra Purnama

Warga melakukan kerja bakti melakukan pembongkaran bangunan
Warga melakukan kerja bakti melakukan pembongkaran bangunan

Share this





Maraknya bangunan liar diatas Kali Jelawe membuat kawasan tersebut rentan banjir.

KEBAYORAN BARU – Ribuan warga di Jalan Hang Lekir RT 11/06, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan membongkar sendiri bangunannya yang berdiri diatas Kali Jelawe, Jakarta Selatan. Pembongkaran tersebut merupakan upaya normalisasi kali untuk mengatasi banjir  yang kerap terjadi di kawasan tersebut.

Camat Kebayoran Baru Fidiyah Rokhim menuturkan, maraknya bangunan liar diatas Kali Jelawe membuat kawasan tersebut rentan banjir. "Setelah puluhan tahun, akhirnya warga menyadari kesalahannya dan hari ini membongkar sendiri bangunannya yang mengokupasi kali," ujarnya dilokasi, Rabu (11/1/2017).

Sementara itu, Ketua RT 11/06 Kelurahan Gunung, Haryo Hendro menambahkan jika hujan besar datang kawasan tersebut kerap didera banjir. "Kami memang salah membangun bangunan tambahan sehingga menutupi badan kali. Akibatnya jika hujan deras, rumah di sini kebanjiran sekitar 30-50 centimeter,” terangnya.

Seperti diketahui, Kali Jelawe sepanjang 300 meter dan lebar 7 meter tertutup habis oleh bangunan permanen warga yang mayoritas memiliki dua lantai. Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan sudah menyurati Lurah Gunung agar warga setempat untuk melakukan pembongkaran.