Kebayoran > Kuliner

Nikmatnya Cendol Es Krim Buatan Sendiri

Jumat, 30 Juni 2017 10:20 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

Cendol
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Cendol adalah minuman asli Indonesia, yang memang disukai masyarakat. Dengan cara yang cukup mudah, Anda pun dapat membuatnya di rumah.

JAKARTA – Cendol, minuman menyegarkan asli Indonesia ini memang sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Tidak sulit mencari cendol. Banyak dijual di sepanjang jalanan ibu kota.

Namun, apakah cendol yang dijual di pinggir jalan terjamin kebersihannya? Kalau ragu, Anda dapat membuat cendol sendiri di rumah. Selain terjamin bersih dan bebas bahan pengawet, Anda pun akan merasa lebih puas. Apa lagi, cara membuatnya juga tidak tergolong sulit.

Melansir detik.com, Kamis (15/6/2017), ada resep cendol yang dibagikan oleh mantan artis cilik Dea Annisa, atau yang lebih dikenal dengan nama Dea Imut. Simak ulasan berikut ini:

Cukup dicetak dengan cetakan cendol yang ditekan atau digosok, cendol bisa disiapkan untuk beberapa hari. Taruh dalam wadah plastik, beri sedikit air matang dan simpan dalam lemari es.

Penasaran dengan es cendol buatan Dea Annisa? Ini dia resep lengkapnya.

Sebagai bahan cendol, siapkan 1 bungkus tepung hunkue, 50 g gula pasir, dan 800 ml air daun pandan suji. Untuk sirup gula merah, siapkan 500 gram gula merah (sisir halus), 2 sendok makan kopi bubuk instan, 2 lembar dua pandan (potong-potong), 600 ml air, 200 gram nangka (potong kecil).

Bagian kuah santan, sediakan 1 liter santan, 400 ml susu segar, 1/2 sendok teh garam, dan 2 lembar daun pandan. Pelengkapnya, siapkan es krim vanila dan strawberry.

Cara membuat, larutkan tepung hunkue dangan air pandan suji hingga licin. Tambahkan gula pasir, masak sambil aduk-aduk hingga kental dan bening. Siapkan wadah dengan potongan es batu. Tuangkan adonan cendol ke atas cetakan cendol. Tekan-tekan hingga menjadi bulatan-bulatan panjang. Biarkan terendam hingga cendol beku.

Untuk membuat sirop gula merah, rebus semua bahan hingga larut dan mendidih. Angkat dan saring, dinginkan. Sedangkan untuk membuat kuah santan, rebus semua bahan menjadi satu. Dinginkan. Taruh sirop gula merah dalam gelas saji. Beri Cendol dan Kuah Santan. Beri topping es krim dan sajikan. Cendol es krim pun siap untuk dinikmati. Selamat mencoba!