Kebayoran > Kuliner

Mencicipi Aneka Olahan Ikan Kerapu di The Hook Restaurant

Rabu, 22 November 2017 18:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Suasana The Hook Restaurant
Suasana The Hook Restaurant yang beralamat di Jalan Cikatomas II No. 35 (area Jalan Suryo), Jakarta Selatan.
Foto : Azhari Setiawan

Share this








Di The Hook Restaurant menawarkan bermacam olahan ikan kerapu. Tidak hanya sekadar olahan seafood atau chinese seafood, tapi juga olahan lokal lainnya.

KEBAYORAN - Ingin mencicipi menu kuliner ikan kerapu? Datang saja ke The Hook Restaurant yang berlokasi di Jalan Cikatomas, Jakarta Selatan, tepatnya di depan lapangan sepak bola Blok S, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Ikan kerapu tak sekadar diolah menjadi seafood atau chinese food saja. Di sini, ikan kerapu menjadi bahan utama untuk diolah menjadi berbagai macam menu, baik lokal maupun menu gaya barat.

Olahan ikan kerapu di antaranya dapat dijumpai dalam pilihan menu pasta and rice, soup, menu for share, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, ada menu yang cukup direkomendasikan yakni Fish Nachos, Fried Rica-Rica, dan Hot & Sour Fish Soup.

Secara penampilan, Fish Nachos hampir sama dengan menu nachos pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah isi dari menu ini yang tentunya menggunakan ikan kerapu.

Menu Fish Nachos sendiri berisikan kongorong chese, mozarela chese, tomato salsa, potongan tomat, pasta saus, chese sauce, corn nacos, dan tak ketinggalan irisan (sufi) daging ikan kerapu yang diolah dengan cara di steam. Tekstur daging ikan cukup lembut, meskipun dipadukan dengan renyahnya corn nachos.

Tekstur daging ikan kerapu yang lembut namun renyah juga bisa dicicipi pada menu Fried Rica-Rica. Pada menu ini, daging ikan kerapu dipisahkan dari tulangnya atau di-fillet. Lalu daging ikan digoreng tepung, dan setelah itu barulah diberi bumbu rica-rica.

Nah, jika ingin merasakan kesegaran rempah-rempah, menu Hot & Sour Fish Soup bisa menjadi pilihannya. Menu ini masih menggunakan daging ikan kerapu yang lembut, dicampur dengan potongan jamur, cabai, bawang putih, dan paduan rempah-rempah lainnya yang menumbulkan rasa kesegaran saat menikmatinya.

Menariknya, bahan utama yang digunakan di restoran ini merupakan ikan kerapu organik yang dibudidaya sendiri di laut Arafura. Hal itu seperti yang dijelaskan oleh General Manager The Hook Restaurant David Rivano.

Lanjutnya, itu dilakukan karena ingin mendapatkan kualitas ikan kerapu yang baik. Pemilihan budidaya di laut Arafura karena lokasi tersebut lautnya masih bersih dan bebas polusi. 

Budidayanya sendiri secara alami, mulai dari perkawinan tanpa disuntik, hingga pemberian makan tanpa pelet. Selain itu, secara periodik 9-12 bulan, kondisi ikan dicek kesehatannya dan untuk melihat ambang batas kadar bakteri dan sebagainya.

"Karena kita ingin menggunakan bahan yang berkualitas dan menyehatkan. Ikan kerapu organik ini juga mendapat pengakuan dari Komunitas Organik Indonesia (KOI)," ujarnya.

Untuk suasana sendiri, restoran yang hadir sejak Oktober 2015 ini cukup terasa nyaman, dengan menerapkan konsep nautical industrial. Saat masuk ke dalam, Anda akan disambut dengan logo The Hook yang terpampang besar dibelakang bar dengan lampunya yang begitu terang.

Selain itu, dengan dominasi warna coklat dan penerapan atap laiknya industri, disudut ruang juga terpajang pernak-pernik berbau lautan, pajangan kemudi kapal, hingga gambar perahu yang sedang menangkap ikan. Bahkan, di depan restoran terdapat sebuah jangkar kapal.

The Hook Restaurant bisa menampung pengunjung hingga 140-150 orang, baik yang duduk maupun berdiri, dan bisa digunakan untuk berbagai rangkaian acara formal maupun non formal. Terdapat pula dua ruang VIP untuk masing-masing 10 orang.

Sementara itu, sebagai penghilang rasa dahaga, The Hook Restaurant menyajikan minuman The Hook Ice Coffee yang menyegarkan. 
Lalu, bagaimana soal harga? Pria yang akrab disapa Rivano ini menjelaskan, ada harga individual paket seharga Rp 49 ribu dan sharing paket seharga Rp 199 ribu per empat orang.

"Dengan makanan berkualitas, tempat yang premium, semua segmen bisa menikmati hidangan di sini," tuturnya.

Bagaimana, tertarik untuk mencicipi olahan ikan kerapu organik? Datang saja ke The Hook Restaurant yang beralamat di Jalan Cikatomas II No. 35 (area Jalan Suryo), Jakarta Selatan. Buka setiap hari, mulai pukul 10 pagi hingga 11 malam.