Kebayoran > Kuliner

Cara Mengetahui Makanan Beku Masih Layak Konsumsi atau Tidak

Kamis, 20 April 2017 17:07 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

Ilustrasi makanan
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Pemadaman listrik di rumah saat pergi berlibur memang tidak dapat dihindari. Lantas, bagaimana cara menjaga kualitas makanan beku yang ada?

JAKARTA – Berlibur adalah saat yang ditunggu. Namun, sebelum pergi berlibur, tentunya Anda harus memersiapkan beberapa hal. Salah satunya adalah menjaga kualitas makanan beku yang berada dalam freezer.

Pada saat Anda berlibur, ancaman pemadaman listrik tentu tidak dapat dihindari. Pasalnya, makanan beku tidak layak dikonsumsi apabila tidak mengalami pembekuan selama lebih dari empat jam. Mengutip liputan6.com seperti lansirannya dari www.foodsafety.gov dan Lifehack, Kamis (20/4/2017), ada beberapa cara aman untuk mengetahui apakah makanan beku Anda layak dikonsumsi, setelah Anda pulang berlibur.

Membeli makanan yang aman selama Anda pergi

Buatlah rencana berbelanja sebelum Anda pergi berlibur. Sebaiknya, hindari untuk membeli makanan yang mudah rusak seperti produk susu, daging dan telur. Anda dapat membeli makanan yang cukup aman untuk ditinggal selama Anda pergi berlibur seperti keju padat, margarin, hingga makanan kaleng.

Siapkan gelas dan koin

Isi gelas dengan air, dan kemudian simpan dalam freezer. Setel;ah membeku, taruhlah koin diatasnya. Setelah Anda pulang berlibur, cobalah untuk memerhatikan koin tersebut. Apabila koin masih berada diatas, dapat diartikan tidak ada pemadaman listrik, dan makanan yang Anda taruh di freezer masih layak untuk dikonsumsi.

Namun, apabila koin sudah mencapai bagian bawah, Anda harus membuang makanan yang ada dalam freezer, karena kemungkinan ada pemadaman listrik yang cukup lama selama Anda pergi berlibur.

 

Berita Terkait