Kebayoran > Komunitas

Menjaga Lingkungan dari Hal Termudah

Kamis, 09 Maret 2017 13:25 WIB
Editor : | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Sea Soldier.
Sea Soldier.
Foto : istimewa

Share this








Sea Soldier mengajak semua orang untuk menjaga dan lebih peduli lingkungan dimulai dari hal termudah, tidak membuang sampah sembarang.

Info Komunitas - Tidak membuang sampah sembarangan. Mungkin kalimat tersebut terdengar mudah, namun kenyataannya terkadang sulit dilakukan. Itulah yang disampaikan oleh Dini Septianingrum selaku Co-Founder Sea Soldier. Sea Soldier sendiri merupakan gerakan yang mengajak setiap orang lebih peduli dan menjaga lingkungan.

Gerakan yang terbentuk pada 28 Maret 2015 ini berawal dari keprihatinan mantan Putri Indonesia, Nadine Chandrawinata yang melihat ada sampah di laut. “Ia (Nadine) suka menyelam. Dari hobinya itu, melihat banyak sampah di sana. Lalu, Nadine mengajak saya membuat sebuah gerakan peduli lingkungan,” tutur Dini saat ditemui di Kemang Selatan, Jakarta Selatan.

Meskipun nama Sea Soldier diartikan sebagai tentara laut, bukan berarti kegiatannya hanya berlangsung di laut. Filosofi yang dimiliki oleh Sea Soldier adalah air mengalir dari hulu ke hilir. Gerakan ini juga mengajak setiap orang di darat agar bisa menjaga lingkungan dari hal termudah seperti tidak membuang sampah sembarangan. Menurut perempuan kelahiran Jakarta, 32 tahun silam ini, 70 persen sampah di laut berasal dari darat.

Kegiatan Sea Soldier bukan hanya di Jakarta, tapi juga di luar Jakarta. Di antaranya kegiatan Tanam Mangrove, Bebas Sampah 2020, dan turut mengkampanyekan bencana asap yang terjadi di Pulau Sumatera beberapa waktu lalu. “Ke semua aspek. Menjaga lingkungan, baik itu di darat maupun laut,” tegas Traveling & Teaching Director of 1000_Guru ini.

Hingga kini, jumlah volunteer yang bergabung 320 orang lebih yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Banyuwangi, Padang, Bali, Manado, Banda Naira, hingga Papua. Para volenteer itu dibekali sebuah gelang bernomor sebagai penanda bentuk komitmen menjaga lingkungan. “Ini tugas semua orang dan berharap makin banyak orang yang sadar untuk menjaga lingkungan,” tutupnya.