Kamis, 29 November 2018 12:41:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Marketeers.com
Komunitas Historia Indonesia Telusuri Beragam Situs Sejarah
Komunitas Historia Indonesia (Ist)
Foto : istimewa
 

KEBAYORAN - Komunitas ini hadir sebagai wadah kaum muda mencintai sejarah dan budaya Indonesia. Namanya, Komunitas Historia Indonesia (KHI) yang didirikan Asep Hambali pada 22 Maret 2003 silam. Dimana, rutin mengeksplorasi situs sejarah yang mulai terlupakan akibat tergerus arus zaman.

Pendiri Komunitas Historia Indonesia Asep Hambali mengungkapkan, KHI rutin menggelar aktivitas yang mengintegrasikan antara online dan offline.  Kegiatan yang sifatnya travelling digelar, seperti program menginap di museum, jelajah malam sejarah, games, pemutaran film, pameran, outing, museum week, dan sebagainya.

“Saya yakin dengan kemasan-kemasan seperti itu, sejarah akan makin disukai dan minati.  Buktinya, event-event yang kita gelar selalu menarik ribuan peminat. Kuncinya, tetap rekreatif, edukatif, dan entertaintment,” ujarnya.

Ya, rekreatif, edukatif dan entertainment menjadi misi yang dibawa KHI. Rekreasi sendiri belajar sejarah langsung dengan pengalaman seperti mengunjungi museum, situs sejarah, gedung-gedung tua. Sementara edukatif, setiap anggota mendapatkan pengetahuan, kepedulian dan opini, serta aksi konkret.

Entertaintment diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan yang menghibur, seperti nonton film, amrazing race, outbond, dan sebagainya,” jelas Asep yang saat ini memiliki anggota lebih dari 23.500 orang tersebar di seluruh dunia. 

Lanjutnya, selain program-program menarik, para anggota KHI dibekali dengan berbagai orientasi dan pelajaran budaya serta sejarah. Hal ini menjadi bekal bagi relawan untuk menjadi pemandu di program-program tur yang dirancang KHI. 

Program yang cukup dikenal dari komunitas ini adalah Historia Amazing Race, Indonesia Heritage Trail, Wisata Kota Tua Jakarta, Museum Run, Gowes to Museum, Tour de Busway, Wisata Malam Kota Tua, dan Night at The Museum.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda