Senin, 16 April 2018 17:40:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Tangan Suka Mati Rasa, Ini Penyebabnya
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

KEBAYORAN - Sebagian besar dari kita tentu pernah mengalami mati rasa pada bagian tangan. Itu merupakan indikasi masalah yang tidak dapat diremehkan. jika diabaikan akan menjadi masalah besar terlebih kalau terjadi secara berulang.

Setidaknya perlu diketahui beberapa alasan mengapa tangan sering mengalami mati rasa atau sensasi kesemutan. Dikutip dari Dazzling News, berikut ini beberapa penjelasannya.

Neuralgia
Neuralgia merupakan gangguan rasa sakit dan disertai dengan sensasi terbakar yang biasanya disebabkan oleh saraf yang teriritasi atau rusak. Saraf yang terkena bisa di mana saja, dan kerusakan yang diakibatkannya dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penyakit seperti diabetes atau multiple sclerosis; infeksi yang mirip dengan herpes zoster. Perawatan untuk nyeri neuralgia tergantung pada penyebabnya, jadi jangan ragu untuk segera menemui dokter untuk pemeriksaan.

Radiculopathy
Radiculopathy adalah kondisi yang disebabkan oleh saraf yang terjepit (tertekan) pada spine (tulang belakang). Hal ini disebabkan oleh perubahan tertentu pada tulang dan tulang rawan di sekitarnya, baik karena aus atau cedera.

Perubahan-perubahan ini dapat menyebabkan tekanan besar pada akar saraf, yang merupakan bagian dari tiap saraf tulang belakang, yang menonjol dari sumsum tulang belakang dan melewati celah di tulang belakang. Ketika akar saraf ini dikompresi atau ditekan, maka menjadi meradang, sehingga menyebabkan mati rasa, kelemahan, dan rasa sakit. Perawatan yang tepat dan tepat waktu dapat mengurangi gejala-gejala ini.

Neuropati parifer
Sistem saraf perifer menghubungkan saraf otak dan sumsum tulang belakang, atau sistem saraf pusat, ke seluruh tubuh. Ini termasuk lengan, tangan, kaki, kaki, organ dalam, mulut, dan wajah.

Neuropati adalah gangguan yang terjadi ketika saraf-saraf ini berfungsi dengan tidak semestinya karena saraf tersebut rusak atau hancur, yang akhirnya mengganggu operasi mereka. Mereka dapat membuat orang yang terkena merasa kesakitan, atau tidak merasakan apa-apa. Ini mungkin karena luka, penyakit sistemik, infeksi atau gangguan keturunan.

Carpal tunnel syndrome
Carpal tunnel syndrome adalah kompresi saraf median ketika melewati tangan. Saraf ini terletak di sisi telapak tangan (carpal tunnel) dan memberi kemampuan merasakan jempol, telunjuk, jari telunjuk dan jari telunjuk.

Ini juga memasok dorongan ke otot yang masuk ke ibu jari. Pembengkakan yang terjadi di pergelangan tangan menyebabkan kompresi pada area ini, yang dapat menyebabkan mati rasa, kelemahan, dan kesemutan di sebagian besar tangan, terutama di dekat ibu jari.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda