Kebayoran > Kesehatan

Sulit Berhenti Merokok? Ini Penyebabnya

Sabtu, 12 Agustus 2017 13:44 WIB
Editor : Waritsa Asri | Sumber : Dbs

Ilustrasi stop merokok.
Ilustrasi stop merokok.
Foto : istimewa

Share this








Dokter spesialis paru, dr Feni mengungkapkan sulitnya berhenti merokok disebabkan nikotin yang menimbulkan perasaan nyaman dan kesenangan

KEBAYORAN – Saat ini, rokok telah menjadi gaya hidup baik pria maupun wanita. Walau sudah terpampang bahaya-bahaya dari merokok dan asapnya. Tapi, hal itu tidak membuat mereka berpaling meninggalkan rokok.

Menurut dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Feni Fitriani Taufik, SpP(K), MPdKed, orang yang merokok bisa memiliki keinginan berhenti jika sudah mengidap suatu penyakit yang disebabkan zat-zat berbahaya dari rokok.

Akan tetapi, beberapa orang yang ingin berhenti merokok mengaku kesulitan,”Mereka kesulitan karena di rokok itu ada zat nikotin, zat adiksi. Faktor adiksi ini membuat orang yang ingin berhenti jadi sulit,” ujar dr Feni.

Feni menerangkan, Nikotin adalah zat adiktif yang menimbulkan perasaan nyaman dan kesenangan saat merokok serta menyebabkan efek kecanduan.  

"Biasanya orang yang berhenti merokok akan merasakan yang tidak nyaman selama empat minggu. Karena nggak sanggup ya dia balik ngerokok lagi," jelasnya.

Feni juga mengungkapkan memang sulit menghentikan kebiasaan merokok. Tapi, ada baiknya untuk memikirkan kebaikan diri serta keluarga.